80 Tahun Kemerdekaan, Jasa Raharja Terus Mendukung Asta Cita untuk Indonesia Sejahtera

JAKARTA, MERCUSUAR – Pada peringatan HUT ke-80 Hari Kemerdekaan RI, Jasa Raharja menegaskan komitmen untuk terus menghadirkan perlindungan dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Melalui berbagai langkah strategis yang sejalan dengan Asta Cita, Jasa Raharja menunjukkan peran pentingnya sebagai bagian dari ekosistem perlindungan sosial yang berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang asuransi sosial, Jasa Raharja memiliki visi untuk menjadi perusahaan terpercaya dalam memberikan perlindungan dasar terhadap risiko kecelakaan lalu lintas dan angkutan umum.

Visi tersebut sekaligus sejalan dengan misi Jasa Raharja, yaitu menghadirkan layanan yang cepat, mudah, dan tepat, serta mendukung kebijakan pemerintah dalam memperluas perlindungan sosial.

Asta Cita adalah delapan misi pembangunan Indonesia yang berfokus pada peningkatan kualitas manusia, perlindungan sosial, pemerataan pembangunan, transformasi ekonomi, hingga tata kelola pemerintahan yang bersih. Plt. Direktur Utama Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana menyebutkan, langkah-langkah Jasa Raharja selama setahun terakhir memiliki keselarasan dengan cita-cita tersebut.

“Bagi Jasa Raharja, Asta Cita telah menjadi inspirasi dalam setiap langkah yang kami lakukan. Selama setahun terakhir, kami terus berupaya memperkuat perlindungan sosial, meningkatkan akses layanan, serta berinovasi untuk memastikan masyarakat Indonesia dapat merasakan manfaat kehadiran Jasa Raharja,” ujar Dewi, pada peringatan HUT ke-80 Kemerdekaan RI, di Jakarta, Minggu (17/8/2025).

Ia menuturkan, beberapa langkah yang diambil Jasa Raharja dalam mendukung Asta Cita di antaranya adalah peningkatan akses layanan digital Melalui transformasi digital, Jasa Raharja menghadirkan layanan berbasis teknologi yang memudahkan masyarakat, mulai dari klaim santunan secara daring hingga integrasi data dengan kepolisian, rumah sakit, dan mitra kerja lainnya.

Selanjutnya, penguatan sinergi dengan pemerintah dan stakeholder, Jasa Raharja aktif berkolaborasi dalam berbagai program, seperti layanan Samsat Digital Nasional dan program pemutihan pajak kendaraan bermotor. Inisiatif tersebut secara bersamaan mendukung penerimaan negara sekaligus memberikan keringanan dan kemudahan bagi masyarakat.

Lalu, kontribusi pada keselamatan transportasi Jasa Raharja bersama Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholdets lainnya, secara konsisten melakukan survei jalur, monitoring keselamatan, serta edukasi publik mengenai tertib lalu lintas. Program tersebut sejalan dengan misi Asta Cita dalam meningkatkan kualitas hidup dan keselamatan masyarakat.

Kemudian pada Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), selama tahun 2024–2025, Jasa Raharja aktif menjalankan program yang fokus pada pendidikan, lingkungan, dan pemberdayaan UMKM. Langkah tersebut, kata Dewi, merupakan wujud kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan sekaligus memperkuat perlindungan sosial.

Dalam momentum Hari Kemerdekaan ke-80, Jasa Raharja menegaskan kembali perannya untuk terus hadir bagi masyarakat Indonesia.

“Semangat kemerdekaan yang kita rayakan hari ini adalah pengingat bahwa tugas kita belum selesai. Kami akan terus bergerak sejalan dengan Asta Cita, memastikan perlindungan sosial semakin kuat, pelayanan semakin mudah, dan masyarakat semakin sejahtera,” ungkap Dewi.

Dewi menuturkan, Jasa Raharja memandang bahwa tantangan ke depan akan semakin kompleks, terutama dalam menghadapi dinamika transportasi, perubahan teknologi, dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Namun, dengan komitmen yang kuat, sinergi dengan pemerintah dan para stakeholder, serta dukungan masyarakat, Jasa Raharja optimistis dapat terus menjadi bagian penting dari perjalanan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” tandasnya. */IEA

Pos terkait