SMPN 1 Palu Runtuhkan Dominasi SMPN 2 Palu di GSI

Histeria pemain SMPN 1 Palu usai mengalahkan SMPN 2 Palu di final wilayah Kecamatan Palu Timur. Foto:ISSRIN ASSEGAF/MS

PALU, MERCUSUAR- SMP Negeri 1 Palu meruntuhkan dominasi SMP Negeri 2 Palu pada ajang kejuaraan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2024. SMPN 2 yang tak pernah absen di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah bahkan dibuat tak berdaya dan harus gugur pada fase penyisihan tingkat kecamatan.

Pada final yang digelar, Selasa (14/05/2024) di lapangan Gawalise Tipo, SMPN 2 di bawah asuhan coach Djalaludin Main membuka angka pertama lewat sontekan M Akbar Messi . Namun hanya selisih satu menit, Khalif menyamakan skor menjadi 1-1 ketika sepakan jarak jauhnya gagal ditangkap kiper.  

Di babak kedua,  penetrasi Gani dalam kotak pinalti dilanggar pemain bertahan SMPN 1. Wasit  Sumarlin langsung menghukum SMPN 1 Palu dengan sepakan pinalti. Kesempatan ini dimaksimalkan Gani untuk memawa timnya unggul 2-1. 

SMPN 2 Palu yang sudah unggul berada diatas angina saat salah satu pemain SMPN 1 Palu diganjar kartu merah. Sayangnya peluang ini tak dimakasimalkan dengan baik Akbar Messi dkk, malah SMPN 1 Palu kembali menyamakan angka  leswat sundulan Roffi.  Skor 2-2 bertahan hingga akhir waktu normal. 

Di babak adu sepakan penalti, dua Algojo SMP N 1 Palu, Akbar Messi dan Affan gagal  menjalankan tugasnya sehingga laga pun dimenangkan SMPN 1 dengan skor total 6-3. 

Usai laga Heasd coach  SMP N 1 Palu, Fahmid Taher mengatakan dirinya  tetap optimis meski tertinggal 1 gol. Pelatih SSB Dharma Putra ini berani memainkan pemain dengan kualitas lebih rendah dari pemain inti untuk menambah stamina. Kemenangan ini menjadi batu loncatan penting bagi SMPN 1 Palu untuk melaju ke babak selanjutnya. 

Di babak GSI tingkat Kota Palu, mereka akan berhadapan dengan wakil dari kecamatan lainnya, seperti SMPN 8 Palu, SMPN 9 Palu, SMPN 18 Palu, SMPN 12 Palu, SMPN 3 Palu, SMPN 17 Palu, dan SMPN 5 Palu.

Pos terkait