BPS Sigi Peringati HSN

  • Whatsapp
FOTO BPS SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sigi memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) 2018 di halaman kantor BPS Sigi, Rabu (26/9/2018).

Kepala BPS Pusat Dr Suhariyanto dalam sambutanya yang dibacakan oleh Kepala BPS Sigi Jefrie Wahido mengatakan dibalik perayaan HSN ada tanggung jawab besar seperti yang tertuang dalam tema HSN tahun 2018 yaitu ‘Dengan Data Tingkatkan Prestasi Bangsa’.

Dijelaskannya, tema tersebut mengingatkan jajaran BPS untuk terus menerus meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dan menjaga independensi.

Dikatakannya, statistik bukan sekedar deretan angka-angka mati pada web BPS maupun publikasi yang diterbitkan. Sebaliknya, data dan informasi statistik  merupakan landasan untuk membuat perencanaan yang tepat sasaran, melakukan monitoring dan evaluasi serta melihat perkembangan capaian pembangunan.

Pilihan Redaksi :  Drumband SMPN 2 Sigi, Meriahkan HUT PGRI di Lindu

Ditengah pusaran politik akhir-akhir ini, lanjutnya, data BPS menjadi semakin sentral karena berbagai polemik, pro dan kontra dapat timbul dari data yang dihasilkan BPS. Namun jajaran BPS harus tetap tenang, luruskan niat, pertahankan independensi dan perkuat pijakan terhadap basis statistik.

“Kuasai konsep definisi, metodologi dan interprestasi. Tunjukkan kepada semua bahwa kita adalah statistik yang professional, memiliki integritas tinggi dan amanah,” ujarnya.

Beberapa data statistik yang hasilkan, katanya, mungkin masih belum sempurna, baik dari desain sampling maupun non sampling. Selain itu, harus jujur dalam bekerja dan terus melakukan yang terbaik untuk meningkatkan kualitas data.

Pada kegiatan itu, juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah pada pemenang lomba dalam rangka HSN 2018. AJI

Baca Juga