DLH Sigi Tanam 1000 Pohon di Uwemanje  

  • Whatsapp
DLH-72430bde
FOTO: Kadis Lingkungan Hidup Sigi, Moh. Afit Lamakarate, bersama jajaran dan masyarakat Desa Uwemanje, saat tanam pohon, di Desa Uwemanje, Rabu (19/1/2022). FOTO: DOK DLH SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sigi bersama masyarakat Desa Uwemanje, melakukan penanaman 1000 pohon di Desa Uwemanje, Kecamatan Kinovaro, Rabu (19/1/2022). Adapun jenis bibit pohon yang ditanam meliputi, bibit durian 200 bibit, alpokat 500 bibit dan kemiri sebanyak 300 bibit yakni dengan total 1000 bibit. 

Demikian dikatakan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sigi, Moh. Afit Lamakarate, kepada wartawan Mercusuar, melalui sambungan telepon, Kamis (20/1/2022).

Berita Terkait

Dijelaskan, penanaman pohon dilakukan di wilayah hulu titik longsor Sungai Pondo, yakni di Desa Uwemanje, Kecamatan Kinovaro. 

“Penanaman pohon tersebut, dalam rangka untuk memperkuat kembali bantaran sungai yang gundul, yang menyebabkan terjadinya longsor dan banjir,” jelasnya. 

Lanjutnya, sesuai program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi bahwa setiap desa diharuskan menanam sebanyak 5000 sampai 10.000 pohon. 

Diimbau kepada masyarakat agar menjaga lingkungan, serta tidak merusak hutan, agar tidak menyebabkan banjir maupun longsor. Terutama masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, agar tetap waspada terhadap banjir. 

Terkait penanaman pohon, DLH Sigi telah menyiapkan bibitnya. Sehingga, jika ada masyarakat yang akan menanam pohon bisa ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup di kawasan perkantoran Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota. AJI

 

Baca Juga