KWT Sintuwu Maroso Maku Diharapkan Jadi Inspirasi

Hari Tani

SIGI, MERCUSUAR – Kelompok wanita tani (KWT) Desa Maku, Kecamatan Dolo telah melaksanakan kegiatan pekarangan pangan lestari (P2L) dengan baik, memproduksi bibit sayuran, menanam beraneka ragam sayur dan memanen hasil sayur-sayuran dari demplot maupun pekarangan anggota, bahkan menerima hasil dari penjualan tersebut. KWT Sintuwu Maroso Desa Maku diharapkan bisa menjadi inspirasi dan contoh buat KWT lainnya, untuk lebih baik ke depannya.

Demikian sambutan Bupati Sigi, Moh. Irwan Lapatta, yang dibacakan oleh Kadis Ketahanan Pangan dan Perinakan Sigi, Rahmad Iqbal Nurkhalish, saat memperingati hari tani nasional tahun 2020 berasama Kementerian Pertanian melalui Video Conference (Vidcon), di KWT Sintuvu Maroso, Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kamis (24/9/2020).

Kata dia, setiap hari kita menghadapi sarapan, makan siang dan makan malam, apa kita yakin pangan yang sudah kita konsumsi tersebut aman dan bergizi untuk kita.

“Untuk itu, melalui kegiatan P2L, mengajak kepada kita semua agar kembali membiasakan diri untuk mengkonsumsi karbohidrat dari pangan lokal, sebab melalui pangan lokalpun yang beragam, berimbang terdapat asupan gizi yang cukup dan aman bagi kita,” jelasnya.

Lanjutnya, bagi perangkat daerah terkait pangan untuk tetap meningkatkan pendampingan yang lebih intensif kepada kelompok penerima bantuan P2L, bahkan dapat memfasilitasi melalui program yang ada di masing-masing perangkat daerah.

“Diucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh petani Sigi atas kerja kerasnya dalam menyediakan kebun pangan masyarakat. Mengingat petani ujung tombak kedaulatan pangan kita, petani sejahtera, jaya bangsaku,” ujarnya. AJI

Pos terkait