Pemkab ‘Launching’ Gerak Sigi Mantap

  • Whatsapp
BUPATI Sigi Moh Irwan Lapatta didampingi Kepala DKPP Rahmad Iqbal Nurkhalish dan Kepala BPTP Sulteng Andi Baso Lompengeng Ishak saat menyerahkan bantuan pakan ikan kepada kelompok tani di Desa Tanah Harapan, Kecamatan Palolo, Jumat (8/6/2018). FOTO: DOK HUMAS PEMKAB SIGI

SIGI, MERCUSUAR – Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta melaunching inovasi Gerakan Rakyat Sigi Memanfaatkan Pekarangan (Gerak Sigi Mantap), di Desa Tanah Harapan Kecamatan Palolo, Jumat (8/6/2018).

Pada kegiatan itu, Bupati juga meyerahkan bantuan pakan ikan pada kelompok tani desa tersebut.

Berita Terkait

“Saya harapkan agar inovasi ini benar-benar menjadi sebuah kekuatan untuk meningkatkan pertanian di Kabupaten Sigi. Inovasi ini dilakukan untuk menunjang visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, yaitu meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemanfaatan pekarangan rumah,” ujar Bupati.

Pilihan Redaksi :  Wabup Kunjungan Kerja ke Towulu

Olehnya, kata Bupati, semua masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan pertanian untuk kebutuhan sehari-hari, karena dapat juga sebagai pendapatan keluarga dan masyarakat.

“Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sigi, kami serahkan bantuan berupa bibit pertanian, bibit ikan dan pakan Ikan untuk kelompok tani Desa Tanah Harapan,” katanya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurkhalish mengatakan Gerak Sigi Mantap bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lahan pekarangan yang dikuasainya. Hal itu untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga secara berkelanjutan berdasarkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Menurutnya, Gerak Sigi Mantap merupakan suatu terobosan inovasi dalam rangka mempercepat penggunaan pemanfaatan lahan pekarangan yang tidak termanfaatkan menjadi sumber pangan keluarga. “Dengan pemanfaatan lahan pekarangan ini, tidak hanya sebagai sumber pangan keluarga tetapi dapat juga sebagai sumber pendapatan ekonomi bagi keluarga maupun masyarakat,” katanya.AJI

Baca Juga