SAKIP untuk Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Baik

  • Whatsapp
FOTO SAKIP

SIGI, MERCUSUAR – Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)  lahir sebagai bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Demikian dikatakan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta membuka kegiatan Coaching Clinic Penguatan Sakip Kabupaten Sigi tahun 2018 di aula Kantor Bupati Sigi, Senin (30/7/2018), melalui rilis yang dikirim Bagian Humas Pewmekab Sigi.

Berita Terkait

Menurut Bupati, SAKIP dapat memberikan manfaat sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan.

Capaian kinerja Kabupaten Sigi, lanjutnya, harus dapat mengurangi angka kemiskinan dan peningkatan indeks pembangunan manusia yang merupakan indikator utama yang mencerminkan perwujudan implementasi SAKIP yang baik. Selain itu, juga memberikan nilai tambah dalam kompetisi penghargaan pembangunan daerah yang dilakukan oleh BAPPENAS setiap tahunnya.

Pilihan Redaksi :  Pelaku Seni Dapat Lestarikan Kebudayaan

“Terbitnya SAKIP sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP. Sakip mengacu pada lima aspek yaitu perencanaan kinerja, pengukuan kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja,” ujar Bupati.

Ia berharap, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para Camat serta Kasubag Program dapat mengikuti kegiatan itu, sehingga hasilnya dapat bermanfaat dan diimplementasikan bagi penyempurnaan SAKIP Kabupaten Sigi tahun 2018. AJI/*

 

Baca Juga