SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, melakukan serah terima aset pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi sarana dan prasarana sekolah dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulteng, di SD Inpres Kadidia, Kecamatan Nokilalaki, Kamis (5/3/2020). PPK PSP-POP pada Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulteng, Zulfikar dalam sambutannya pada serah terima tersebut mengatakan, Perpres Nomor 43 tahun 2019 menjadi dasar Kementerian Pekerjaan Umum mendapatkan pelimpahan dasar melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi di tiga sektor, yaitu sektor pendidikan, jasa yaitu kebudayaan, pasar serta sarana olahraga, di wilayah yang memiliki kategori tiga (T), yaitu terluar, terdepan dan terpencil.
“Anggaran tahun 2019 untuk di Kabupaten Sigi sendiri, Kementerian Pekerjaan Umum telah memberikan bantuan di dua titik sekolah yang ada di Kabupaten Sigi, yaitu SDN Inpres Kadidia yang berlokasi di Kecamatan Nokilalaki dan SDN 24 Sigi, yang berlokasi di Desa Kantewu, Kecamatan Pipikoro”.
Dirinya berharap, semoga kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi ini nanti, akan menjadi awal dari Kementerian Pekerjaan Umum dalam hal ini Balai Sarana Pemukiman, untuk menyukseskan misi dari tiga sektor tersebut.
Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh Basir Lainga, dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Sigi adalah kabupaten yang juga memiliki dampak terberat dari bencana alam di tahun 2018. Dari bencana tersebut, banyak sarana dan prasarana di wilayah Kabupaten Sigi yang mengalami kerusakan, termasuk sarana pendidikan yaitu gedung-gedung sekolah.
Oleh karena itu, selaku pemerintah Kabupaten Sigi, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Sarana Pemukiman Wilayah Sulawesi Tengah, yang telah melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi gedung sekolah, yang berada di dua titik wilayah Kabupaten Sigi.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulteng, Camat Nokilalaki, Kades Kadidia, Kepala Sekolah SD Inpres Kadidia, tokoh adat dan para dewan guru SD Inpres Kadidia. AJI