Tercatat 34 Kasus Kusta Baru di Sigi

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sigi, tahun 2017 ditemukan 34 orang tercatat kasus kusta baru.

Hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama dan menjadi tugas dan tanggungjawab semua pihak dalam melakukan tindakan pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit kusta dan frambusia.

Berita Terkait

Demikian dikatakan Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, saat membuka advokasi sosialisasi dan pelatihan singkat dalam rangka intensifikasi penemuan kusta dan frambusia, di Aula Kantor Bupati Sigi, Rabu (11/4/2018).

Menurut Bupati, pengendalian penyakit menular tidak dapat dilakukan hanya oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, tetapi harus dilakukan secara terpadu dengan OPD terkait lainnya.

Pilihan Redaksi :  Wabup Kunjungan Kerja ke Towulu

Selain itu, dibutuhkan kepedulian semua pihak mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi setiap kegiatan, termasuk perencanaan pembiayaan, tenaga serta sarana yang memadai.

“Saya berharap masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat, mengaktifkan gerakan hidup sehat dengan cek kesehatan setiap enam bulan, makan sayur dan buah setiap hari, serta melakukan aktifitas fisik secara teratur dan terukur setiap hari,” imbaunya.

Dengan diadakannya advokasi sosialisasi dan pelatihan singkat dalam rangka intensifikasi penemuan kusta dan frambusia di kabupaten sigi, sambungnya, dapat membantu dan mendukung program pemerintah dalam upaya menurunkan angka kesakitan dan kematian masyarakat akibat penyakit menular, khususnya penyakit kusta dan frambusia.

Kepala Dinkes Kabupaten Sigi dr Sofyan Mailili mengatakan tujuan kegiatan itu adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular, khususnya kusta dan frambusia di puskesmas dan jaringannya.

Pilihan Redaksi :  50 Persen Siswa SMPN 2 Sigi Divaksin

Selain itu, terselenggaranya koordinasi lintas sektor dalam mencegah dan penanggulangan penyakit menular serta kegiatan pendukung pelayanan kesehatan tingkat puskesmas.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, perwakilan Kementerian Kesehatan, Dinkes Provinsi Sulteng, Camat dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sigi. AJI

Baca Juga