Baru 8 APIP Inspektorat Capai Level 3

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulteng, Novalina meminta para Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) mampu memberikan catatan rekomendasi strategis, kepada pimpinan daerah dalam setiap audit yang dilakukan.

Hal itu, menurutnya, karena hasil audit kinerja berbasis risiko diharapkan memberi nilai tambah, dengan lahirnya paket kebijakan pembangunan yang berkualitas.

“Seluruh APIP harus mampu memberi nilai tambah terhadap audit. Jangan jadikan audit hanya penggugur kewajiban, tapi buat catatan rekomendasi strategis, untuk memastikan kebijakan pimpinan berdampak ke masyarakat,” kata Novalina saat mewakili Gubernur Sulteng, pada pembukaan Pelatihan Audit Kinerja Berbasis Risiko, di salah satu hotel di Palu, Senin (27/11/2023).

Pelatihan tersebut bertujuan mengembangkan kompetensi teknis APIP, dalam rangka memenuhi persyaratan kapabilitas APIP level 3 pada seluruh Inspektorat di wilayah Sulteng.

Terkait tujuan itu, dari kondisi kapabilitas APIP per tahun 2023, baru 8 dari 14 Inspektorat yang telah mencapai level 3 yakni, Inspektorat Provinsi Sulteng, Inspektorat Kota Palu, Inspektorat Kabupaten Poso, Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong, Inspektorat Kabupaten Banggai, Inspektorat Kabupaten Banggai Laut, Inspektorat Kabupaten Morowali dan Inspektorat Kabupaten Buol.

Sementara sisanya diminta untuk mengejar kapabilitas APIP level 3, dengan peningkatan SDM APIP melalui pendidikan dan pelatihan berkesinambungan.

“Ayo kuatkan komitmen untuk naik ke level 3. Bisa, yah, teman-teman APIP,” seru Novalina.

Baca Juga