Imigrasi Palu Lampaui Target PNBP 2022

PALU, MERCUSUAR – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu melaksanakan konferensi pers, Kamis (29/12/2022). Konferensi pers ini membahas terkait capaian kinerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu pada tahun 2022.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Dewanto Wisnu Raharjo mengatakan, pada masa pemulihan pasca pandemi saat ini, pelayanan paspor dan izin keimigrasian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Kantor Imigrasi Palu pun mengalami peningkatan, dengan total PNBP sebanyak Rp4.431.818.240 atau 194,19 persen dari target PNBP tahun 2022 sebesar Rp2.411.000.000 dengan pendapatan terbesar dari penerbitan paspor yaitu sebanyak Rp3.563.400.000. 

Adapun untuk capaian sepanjang tahun 2022, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu telah melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK), yaitu berupa pendetensian sebanyak dua warga negara asing, pemindahan deteni sebanyak satu warga negara asing, dan pendeportasian sebanyak satu warga negara asing.

Dalam rangka pengawasan orang asing, hingga saat ini telah dilakukan delapan kali rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di seluruh wilayah Kerja Kantor Imigrasi Palu, yang terdiri dari enam kabupaten (Donggala, Sigi, Tolitoli, Buol, Parigi Moutong dan Poso) dan 1 Kota Palu. Timpora di setiap kota dan kabupaten juga telah melaksanakan kegiatan pengawasan orang asing.

Adapun perlintasan orang masuk dan keluar pada tempat pemeriksaan Imigrasi Pantoloan, yang merupakan kru atau awak alat angkut adalah 279 kedatangan, yang terdiri dari 64 WNI dan 215 WNA. Kemudian 195 keberangkatan, yang terdiri dari 163 WNA dan 32 WNI.

Untuk pelayanan keimigrasian, telah diterbitkan 9294 buku paspor bagi WNI, terdiri dari layanan paspor baru sebanyak 5077 buku dan penggantian paspor sebanyak 4217 buku. Sementara itu, untuk pelayanan izin tinggal bagi WNA, telah diterbitkan izin tinggal sebanyak 309 izin tinggal, dengan rincian Izin Tinggal Kunjungan sebanyak 165, Izin Tinggal terbatas sebanyak 137, dan Izin Tinggal Tetap sebanyak tujuh. 

Untuk menjangkau masyarakat, telah dilakukan pelayanan Eazy Passport, dengan tujuan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, yang telah dilaksanakan sebanyak 22 kegiatan di wilayah kerja kantor Imigrasi Palu. Kegiatan ini dilaksanakan pada perkantoran, institusi pendidikan, kompleks perumahan dan komunitas.

Untuk memaksimalkan pelayanan diperlukan juga penyebaran informasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung, penyebaran informasi secara langsung melalui kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Kantor Imigrasi Palu pada Tahun 2022 tetap menerapkan protokol kesehatan dengan rincian sebanyak enam belas kali penyebaran iinformasi keimigrasian, sedangkan untuk penyebaran informasi secara tidak langsung dilakukan melalui media sosial instagram, facebook, twitter, youtube, dan tiktok di @imigrasipalu dan Website kantor pada laman kanimpalu.kemenkumham.go.id.

Dalam melakukan pelayanan kepada para penyandang disabilitas, lansia, dan anak, Imigrasi Palu juga menerapkan antrean khusus, jalur prioritas dan ruang pelayanan paspor ramah HAM. 

Realisasi penyerapan anggaran dengan total presentase sebesar 97.19% dengan rincian belanja pegawai sebanyak 100 persen, Belanja Barang 97.65 persen dan Belanja Modal sebesar 89.88 persen.

Pada tahun 2022, Kantor Imigrasi Palu memperoleh beberapa penghargaan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah yaitu Satuan Kerja Paling Responsif dalam Penginputan pada Aplikasi E-Monev Bappenas, Desain Konten Medsos Terkreatif dan Satuan Kerja Paling Responsif dalam Implementasi SISUMAKER, serta satu penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yaitu Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima. */JEF

Pos terkait