Kerja Sama BPBD-MDMC-Solidar Suisse, Kabupaten Donggala Kini Miliki Pusdalops PB

  • Whatsapp
DONGGALA-5bc92733
Bupati Donggala, bersama perwakilan Solidar Suisse dan MDMC melakukan pengguntingan pita menandakan peresmian Pusdalops PB di BPBD Kabupaten Donggala, Kamis (15/9/2022).///FOTO: DOK. DiRiReCS MDMC

DONGGALA, MERCUSUAR – Kabupaten Donggala kini memiliki Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB), yang ditandai dengan peresmian di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Donggala, Kamis (15/9/2022).

Terbentuknya Pusdalops PB tersebut, merupakan kerja sama antara BPBD Kabupaten Donggala bersama Solidar Suisse dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang telah 4 tahun melaksanakan program penanggulangan bencana di Kabupaten Donggala.

Berita Terkait

Bupati Donggala, Dr. H. Kasman Lassa menyampaikan terima kasih atas dukungan lembaga MDMC dan Solidar Suisse, yang telah menjalankan program penanggulangan bencana di Donggala.

“Serta apresiasi juga, atas keberhasilan capaian kerja dan kreasi Kepala BPBD Donggala,” kata Kasman.

Kepala BPBD Kabupaten Donggala, Akris Abdul Fattah menyampaikan dukungan yang diberikan oleh MDMC bersama Solidar Suisse telah memberikan peningkatan kapasitas di BPBD Kabupaten Donggala.

Di antaranya pembuatan dokumen kajian risiko bencana kabupaten, serta yang akan menyusul adalah dokumen rencana kontijensi kabupaten, selanjutnya telah melakukan pelatihan staf Pusdalops dan pengembangan peralatan, lalu pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Donggala.

“Demikian juga membantu banyak hal di 21 desa di 3 kecamatan, seperti pembentukan Kelompok Masyarakat Penanggulangan Bencana (KMPB), memberikan peningkatan kapasitas KMPB, melakukan kegiatan mitigasi struktural seperti pembuatan bronjong, drainase, dan normalisasi sungai. Serta mitigasi nonstruktural seperti penanaman bakau, bambu, rumput vertiver, dan pohon keben,” urai Akris.

Desk Officer Solidar Suisse, Lukas Frohofer yang hadir langsung pada kesempatan itu, menyampaikan pihaknya telah bekerja sama dengan MDMC selama 4 tahun di Donggala, sejak respons bencana 28 September 2018 lalu, hingga membangun kesiapsiagaan serta mitigasi. Turut hadir bersama Lukas, Direktur Solidar Suisse, Felix didampingi Vera.

“Terima kasih atas kerja sama dari BPBD dan KMPB di 21 desa, dan kolaborasinya berjalan dengan baik sehingga programnya berjalan lancar,” kata Lukas, yang diterjemahkan oleh Wakil Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Dr. Rahmawati Husein.

Menurut Lukas, peresmian Pusdalops menjadi titik yang bagus, agar Kabupaten Donggala bisa siap dalam mengahadapi dan menanggulangi bencana. Ia berharap, kerja sama yang sudah terjalin dengan baik antara BPBD, kecamatan, desa dan KMPB, maupun dengan forum PRB dapat berlanjut.

Baca Juga