POSO, MERCUSUAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso akan menyiapkan 7 titik Helpdesk pada saat proses pendaftaran dan perekrutan anggota PPK, PPS dan Badan Adhoc pada Pemilu 2024 mendatang.
Hal itu disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Poso, Wilianita Selviana Pangetty, pada sosialisasi pembentukan Badan Adhoc aplikasi SIAKBA (Sistem Aplikasi Anggota KPU dan Badan Adhoc) di aula kantor KPU Poso baru baru ini.
Helpdesk dimaksudkan untuk membantu jaringan atau signal khususnya bagi wilayah wilayah yang kerap terganggu jaringan internetnya.
“Dengan adanya aplikasi SIAKBA yang menjadi satu-satunya aplikasi yang digunakan dalam perekrutan PPK, PPS dan Badan Adhoc Pemilu, tentunya perlu didukung dengan sarana telekomunikasi yang handal, agar saat menggunakan aplikasi tidak terganggung dengan keterbatasn jaringan internet yang ada,” ujar Wilianita.
Karena itu, kata dia, guna memperlancar masyarakat yang menggunakan aplikasi SIAKBA, maka KPU menginisiasi untuk menempatkan 7 helpdesk agar mempermudah masyarakat yang melakukan pendaftaran calon anggota PPKK, PPS dan Badan Adhoc.
Ketujuh titik helpdesk yang akan menjadi lokasi penunjang sinyal transmisi internet, diungkapkannya akan ditempatkan di wilayah kecamatan Lore Bersaudara sebanyak 3 titik, Pamona Bersaudara 2 titik, Poso Pesisir Bersaudara 1 titik dan Poso Kota Bersaudara 1 titik.
“Sengaja disiapkan untuk mempermudah pendaftar PPK dan PPS, terutama daerah yang susah sinyal atau jaringan internet, itu disiapkan pada saat pendaftaran saja,” jelas Wilianita.
Selain 7 titik di sejumlah wilayah kecamatan tersebut, helpdesk juga menurut Wilianita direncanakan akan ditempatkan di Poso Kota tepatnya di kantor KPU Poso untuk mengantisipasi banyaknya para pendaftar.
Sejauh ini, penggunaan aplikasi SIAKBA terus disosialisasikan KPU Poso ke sejumlah kecamatan dalam proses perekrutan calon anggota PPK, PPS dan Badan Adhoc yang akan segera dibuka dalam waktu dekat. ULY