SIGI, MERCUSUAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi launching (luncurkan) branding destinasi pariwisata ‘The Secret Of Central Sulawesi’ di Kafe D’Kalora di Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, Rabu (12/6/2019).
Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sigi, Muh Basir Lainga mengatakan dengan di-launchingnya branding pariwisata Sigi diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan lokal, nusantara dan wisatawan mancanegara. Sebab Sigi dapat memperkenalkan destinasi pariwisata ke wisatawan nusantara dan mancanegara.
Dikatakannya, agar destinasi pariwisata Sigi dikenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara diperlukan pemasaran. Mengingat sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor yang berkembang sangat pesat dan sangat menjanjikan. Selain itu menjadi sektor yang memiliki banyak manfaat untuk masyarakat dan daerah dari segi ekonomi, budaya, lingkungan, ilmu pengetahuan dan usaha lainnya.
“Branding tidak hanya menjadi slogan atau tagline atau logo destinasi, tetapi brand destinasi haruslah mencakup keseluruhan destinasi yang didalamnya terdapat nilai, budaya dan harapan masyarakat atau stakeholder,” jelasnya.
Dalam Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor: 50 Tahun 2011 tentang rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025, disebutkan bahwa tujuan pembangunan kepariwisataan nasional yaitu mengkomunikasikan destinasi periwisata Indonesia dengan menggunakan media pemasaran secara efektif dan efisien. “Diharapkan dengan adanya pendidikan dan latihan (Diklat) tata kelola destinasi pengelolaan kepariwisataan di Kabupaten Sigi, agar mereka lebih profesional dan meningkatkan profesionalisme pemanduwisata di Sigi,” ujarnya.
Ketua DPRD Kabupaten (Dekab) Sigi, Moh Rizal Indjenae mengatakan pariwisata memiliki peran penting dalam kemajuan suatu daerah. Olehnya branding destinasi wisata sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan, khususnya upaya memperkenalkan destinasi wisata.
Sebagai mitra pemerintah daerah, Dekab sangat mendukung serta mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sigi dalam hal ini Dinas Pariwisata yang menjadi leading sektor dalam upaya pengembangan pariwisata di Sigi.
“Dekab sangat mensuport upaya Pemerintah Kabupaten Sigi untuk memajukan pengembangan kepariwistaan di Sigi sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor: 18 tahun 2014 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Sigi,” kata Rizal.
Kepala Dinas Pariwisata Sigi, Diah Agustiningsih Entoh dalam laporannya mengatakan Sigi adalah kabupaten pertama di Sulteng yang memiliki branding yang bisa menjadi media untuk meperkenalkan destinasi wisata di Sulteng.
Menurutnya, tanpa branding mustahil pemasaran destinasi wisata di Sigi berhasil. Olehnya branding tersebut diharapkan bisa menjadi populer, seperti branding Pesona Indonesia Wonderful dengan tagline Secret Of Central.
“Jika tidak ada halangan tanggal 15 Juni 2019 Bupati Sigi akan melakukan kunjungan kerja ke Prancis dalam rangka memaparkan dan memasarkan destinasi pariwisata Kabupaten Sigi,” katanya. AJI