Untad dan PT GEB Jalin Kerjasama 

  • Whatsapp
UNTAD-aa2d57a3

PALU, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) bersama PT Gumbasa Energi Bersih (GEB) menandatangani kesepakatan dan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian energi baru terbarukan, pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, Rabu (15/9/2021), bertempat di ruang rektor, gedung Rektorat Untad. Kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Direktur PT GEB, Kornelius Raubun, bersama Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP.

Adapun kesepakatan kerjasama ini bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan Untad dan PT GEB, dalam rangka mempercepat mendukung dan mewujudkan sasaran pengembangan energi baru dan terbarukan, sebagai sumber pembangkit energi listrik, serta kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pada kesempatan lainnya, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. Amar Akbar Ali, ST., MT, IPU, ASEAN Eng menyampaikan, kerjasama ini bersifat jangka panjang terkait energi dan sumber daya.

Adapun ruang lingkup perjanjian kerjasama antara Untad dan PT GEB, antara lain, perencanaan pelaksanaan pengembangan energi baru dan terbarukan sebagai sumber pembangkit energi listrik; kemudian terkait program MBKM meliputi kegiatan pembelajaran di luar program studi di dalam Untad, antara lain pelaksanaan KKN Tematik, magang / praktek kerja, asistensi mengajar di kawasan rencana proyek pengembangan energi baru dan terbarukan, sebagai sumber pembangkit energi listrik PT GEB.

Kemudian, penerapan hasil-hasil penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) bidang energi baru dan terbarukan; transfer perkembangan IPTEK dan pengabdian kepada masyarakat; serta mewujudkan setiap kemungkinan bentuk kerjasama, dalam menyediakan dan mendayagunakan sarana prasarana dan tenaga dalam batas-batas kemampuan masing-masing pihak.

Rencananya akan ada sekretariat bersama antara Untad dan PT GEB, yang saat ini masih dalam mencari lokasi yang pas. Prof. Amar berharap, setelah kerjasama ini, ruang lingkup tadi dapat segera diimplementasikan,” ujarnya. */JEF

Baca Juga