PALU, MERCUSUAR – Universitas Tadulako (Untad) melalui bidang kemahasiswaan, mensosialisasikan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022 secara luring dan daring, bertempat di Lantai II Media Center Untad, Kamis (2/6/2022), diikuti segenap mahasiswa dan perwakilan PSDK Untad Tojo Unauna.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, Dr. Sagaf mengatakan, tahun ini, program IWDM akan melibatkan pihak fakultas dan prodi, dalam mendorong minat mahasiswa sebagai calon pelaku wirausaha berbasis digital.
“Sosialisasi kali ini bertujuan untuk mendorong setiap mahasiswa Untad, untuk turut serta dalam mengikuti kompetisi nasional ini. Mahasiswa Untad menurut pengamatan kami, mampu dan memiliki kompetensi sebagai wirausaha digital di masa depan. Kompetisi kali ini berbeda dengan tahun lalu, karena kali ini, setiap kampus melalui bidang kemahasiswaan, harus membuat proposal induk menuju kompetisi nasional. Sehingga, mulai hari ini juga, kami akan melibatkan pihak dosen, fakultas dan prodi, untuk memotivasi setiap mahasiswanya, untuk gencar mengikuti kompetisi ini,” ujar Dr. Sagaf.
Usai sambutan, Dr. Vitayanti Fattah, SE.,M.Si dalam materinya terkait Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa, menyampaikan latar belakang pentingnya mendorong mahasiswa, untuk memiliki inovasi wirausaha digital, di antaranya Indonesia sangat populer di kalangan Asia Tenggara, penduduk Indonesia merupakan penduduk aktif sebagai pengguna mobile phone (8 jam 51 menit perhari), Indonesia menjadi negara yang mempunyai pertumbuhan Internet Economy tertinggi (4x dalam 3 tahun terakhir), serta pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat,
Selain itu latar belakang program IWDM 2022 di antaranya, pemulihan ekonomi (tahun 2022 dianggap sebagai momentum pemulihan ekonomi Indonesia), penguatan ekosistem digital (di tengah pertumbuhan perusahaan berbasis digital, perguruan tinggi didorong untuk menguatkan ekosistem inovasi digital dilingkungan kampus, sehingga mendorong minat mahasiswa terhadap usaha digital di Indonesia), perusahaan berbasis digital (semakin banyaknya perusahaan digital yang menarik banyak minat anak muda), serta kolaborasi (antara pelaku industri digital dengan dunia pendidikan yang akan menghasilkan generasi baru bagi pegiat usaha digital di Indonesia.
Adapun tujuan IWDM 2022, yakni meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha digital, mendukung terciptanya ekosistem wirausaha digital mahasiswa di Indonesia khususnya di lingkungan perguruan tinggi, mengakselerasi pertumbuhan wirausaha digital mahasiswa hingga tahap Product Market Fit; dan membangun jejaring antar wirausaha digital mahasiswa. */JEF