PALU, MERCUSUAR – Survei kepuasan masyarakat atas pelayanan di Makodim 1306/KP menunjukan indeks kepuasan sangat baik. Tujuan diadakannya pengukuran kepuasan untuk mendapatkan umpan balik atas kualitas pelayanan.
“Melalui survei kepuasan, masyarakat didorong untuk memberikan partisipasi sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan agar terjadi peningkatan atau perbaikan kualitas pelayanan. dengan melakukan inovasi-inovasi pelayanan atas masalah yang disampaikan masyarakat dan konsumen saat survei kepuasan,”terang Dandim 1306/KP, Kolonel Ari Suseno beberapa waktu lalu.
Menurutnya, pelaksanaan survei dilakukan pertriwulan secara daring dengan responden dengan tanggapan yang masuk mencapai 1.159 responden.
Dari jumlah respoden yang masuk, 93,3persen adalah laki-laki dan 6,7persen adalah perempuan. Jika ditinjau dari katagori pendidikan, responden didominasi dengan tingkat pendidikan SMA sebesar 781 responden, S1 184 responden, SMP 98 responden, SD 27 responden, S2 14 responden, Tidak Sekolah 3 orang dan S3 1 orang.
Berdasarkan hasil analisa pada hasil pengukuran terhadap Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik Kodim 1306/Kota Palu, secara umum kualitas unsur pelayanan publik dipersepsikan Sangat Baik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat 85,6.
Nilai indeks dari sembilan unsur yakni Indikator pendapat responden 100 persen, Indikator prosedur pelayanan 99 persen, Indikator kecepatan waktu 97,4 persen, Indikator transaksi biaya 98,2 persen, Indikator kesesuaian produk pelayanan 99,1 persen, Indikator kemampuan petugas pelayanan 99.2 persen, Indikator kesopanan dan keramahan pelayanan 100 persen, Indikator kualitas sarana dan prasarana 94,9 persen, Indikator penanganan pengaduan 92,8 persen. IKI