Tidak Lulus Uji SIM, Bisa Ikut Bimbel Gratis

  • Whatsapp

PALU, MERCUSUAR – Satuan Lalu Lintas Polresta Palu membuka bimbingan belajar (Bimbel) gratis bagi warga yang tidak lulus ujian memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Pemohon akan diberikan materi dan parktik seputar tata tertib berlalu laintas.

Hal ini diungkapkan, Kanit Regident Satlantas Polresta Palu, Iptu  Yosua Martua Simanjuntak, S.Tr.K saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2024). 

Ia mengatakan, Bimbel dikhususkan bagi pemohon yang tidak lulus ujian SIM. Bimbel bertujuan untuk meningkatkan persiapan pemohon SIM, sehingga tidak ada kendala saat ujian kembali.  

Dalam Bimbel nantinya, melibatkan berbagai aspek penting dalam berkendara. Dari pengetahuan tentang aturan lalu lintas hingga praktik langsung mengemudi, para pemohon  diajari untuk memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip keselamatan berlalu lintas. 

“Bimbel ini merupakan wujud komitmen pihak kepolisian dalam menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib. Kami percaya dengan meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pengemudi, kita dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menciptakan budaya berkendara lebih baik,”terang Yosua.  

Para peserta bimbingan belajar ini tidak hanya diajari teori-teori dasar, tetapi juga diberikan kesempatan untuk berlatih dan praktik langsung. 

Program bimbel ujian praktik surat izin mengemudi di Polresta Palu mendapat sambutan positif masyarakat. Banyak calon pengemudi yang tidak lulus, merasa terbantu dan lebih percaya diri dalam menghadapi uji SIM. 

“Saya berharap, tingkat kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir, kesadaran akan pentingnya kepatuhan terhadap aturan lalu lintas dapat ditingkatkan,”pungkasnya. 

Untuk diketahui, biaya pembuatan SIM ataupun perpanjangan masa berlakunya, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Polri. 

Baca Juga