Pemkab Touna, Teken Kemitraan Konservasi dengan Balai TNKT

  • Whatsapp

TOJO UNAUNA, MERCUSUAR – Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tojo Unauna (Touna), Alfian Matajeng melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kemitraan konservasi, dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT), di Kantor Balai TNKT, Kamis (30/11/2023).

Dalam sambutannya, Alfian Matajeng mengatakan Kepulauan Togean merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup diandalkan oleh Pemerintah Provinsi Sulteng. Hal itu dapat dilihat dari keseriusan pemerintah, mengusulkan Kepulauan Togean menjadi destinasi super prioritas nasional. 

“Kepulauan Togean yang berada pada kawasan TNKT merupakan satu dari beberapa spot wisata unggulan di Sulteng. TNKT juga telah banyak mengupayakan bantuan pemberdayaan dalam hal peningkatan usaha ekonomi produktif,” kata Alfian.

Sehingga, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemka) Touna berharap ke depannya TNKT berkomitmen dan bisa berkolaborasi dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Maya Manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Togean.

TNKT telah melaksanakan beberapa kegiatan pemberdayaan, yang salah satunya adalah kemitraan bersama dengan masyarakat setempat, melalui pemberian akses kepada masyarakat untuk berperan serta dalam mengelola kawasan konservasi

Olehnya itu, ia berharap, masyarakat sekitar dapat memeroleh manfaat langsung dari keberadaan kawasan konservasi tersebut. */PAR

Baca Juga