Dinas Perikanan Terus Kembangkan Budidaya Udang Vaname

  • Whatsapp
Moh Noer Said

AMPANA,MERCUSUAR – Pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tojo Una-una (Touna), terus mengembangkan budidaya Udang Vaname. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Touna, Moh Noer Said mengatakan, budidaya Udang Vaname yang sejak tahun lalu sudah dikembangkan sedikit demi sedikit, terus mengalami kemajuan.

Menurut Noer Said, saat ini pihaknya baru merealisasikan kolam percontohan budidaya Udang Vaname dan rencananya akan dipanen pada Agustus mendatang.

“Kalau panen ini kurang lebih 4 ton yang akan kita panen. Itu baru merupakan percontohan, alhamdulillah kita berhasil,” ujarnya.

Lanjut Noer Said, budidaya Udang Vaneme ini prospeknya sangat menjanjikan, ketika kita membuka lahan untuk pengembangannya. Untuk tahun 2019 mendatang, pihaknya sudah memiliki lokasi yakni di wilayah kecamatan Tojo dan Tojo Barat.

“Lokasi di sana kurang lebih seluas 300 hektar, yang rencananya akan kita siapakan untuk buka lahan baru,” ucapnya.

Noer Said juga mengatakan, dua wilayah tersebut potensinya sangat bagus untuk pengembangan Udang Vaname. Pihaknya juga berharap, para investor tertarik dengan program pengembangan Udang Vaname ini, agar dapat dikembangkan dengan skala yang lebih besar lagi. DEL

Baca Juga