Siap Memajukan Perekonomian di Parigi Moutong

  • Whatsapp
ridwan nontji (2)-ab0f883c

Memiliki nama lengkap Mohammad Ridwan, SE, MBA ini, adalah Putra Daerah Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) yang lahir di Desa Ongka pada 9 November 1983. Ridwan Nontji sapaan akrabnya, dilahirkan dari keluarga yang sederhana. Ia anak ke 5 dari 6 bersaudara dengan Ayahanda bernama Haji Nontji dan Hajjah Arawiyah Lanongko.

Darah Kepemimpinan dan jiwa wirausaha Ridwan Nontji rupanya menurun dari sosok sang Ayah Haji Nontji yang semasa hidupnya terkenal baik dan merupakan tokoh masyarakat di Kabupaten Parmout. Haji Nontji adalah seorang petani dan pengusaha sukses yang memiliki perkebunan kelapa persawahan, dan pertanian lainnya.

Saat ini Ridwan Nontji memiliki usaha dibidang Kesehatan yakni Apotek dan Klinik Gigi bernama Jehan Apotek dan Dental Care yang berlokasi di Desa Kotaraya Barat, Kecamatan Mepanga, Kabupaten Parigi Moutong.

Rencananya, ia akan membangun Klinik Pratama (Praktek Dokter Bersama) di Jalan antara Dusun V, Kecamatan Mepanga, Kabupaten Parmout. Klinik Pratama terintegrasi dalam satu ekosistem yang akan menghadirkan banyak layanan dalam satu lokasi. Akan tersedia Dokter Dokter Spesialis, Produk Kesehatan, Laboratorium Kesehatan, Klinik Gigi terlengkap, ATM Center, dan lain sebagainya

“Kita akan memulai semuanya dari Desa. Desa itu belum terlayani dengan baik dari sisi Kesehatan, untuk itu kami hadir di Desa Desa kedepannya,” Ungkap Ridwan Nontji.

Ridwan Nontji saat ini memiliki jabatan sebagai Ketua Kompartemen Industri Kesehatan di Badan Pimpinan Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Palu masa Bakti 2020-2023.

Ridwan Nontji punya peran dalam mengembangkan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Sulteng untuk mendorong kemandirian Desa memperkuat usaha usaha Desa sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah dengan Aktif sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Forum BUMDes Indonesia (FBI) Provinsi Sulawesi Tengah Masa Bakti 2018-2023.

Terkait Pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum HIPMI Parigi Moutong masa bakti 2022-2025, Ridwan Nontji bersungguh-sungguh mengabdikan dirinya dalam berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Pamout.

“Kita akan berkolaborasi dan bersinergi dengan Stakeholder, Investor, dan yang utama itu mensingkronisasikan seluruh Dinas atau SKPD terkait untuk bersama sama melakukan transformasi dan kerjasama multisektor guna untuk memandirikan secara ekonomi masyarakat Kabupaten Parigi Ekonomi,”jelasnya.

Melalui visi “Memperkuat Eksistensi HIPMI dengan Mendorong Akselerasi Transformasi untuk Percepatan Peningkatan Perekonomian yang merata dan berkeadilan dengan melahirkan pejuang-pejuang perekonomian dan UMKM yang memiliki keunggulan kompetitif di Kabupaten Parmout yang siap membanggakan Indonesia di Kancah Internasional”.

Untuk mencapai itu, semuanya akan melalui misi dengan mewujudkan soliditas dan solidaritas Keluarga Besar HIPMI Parmout dalam bingkai kebersamaan, kekeluargaan dan keseragaman langkah untuk membangun kejayaan. Juga Menciptakan benefit untuk sesama anggota HIPMI, baik dengan cara mendorong kerjasama antar anggota, dan melakukan kerjasama dengan seluruh stakeholder yang berhubungan dengan pengusaha muda.

Selain itu, meningkatkan sinergitas nyata dan aktif antara dengan Pemerintah Daerah, Pemerintahan Pusat, Stakeholder, Para Investor, PERUSDA, BUMN, BUMD, BUMDes dalam Pengembangan Ekonomi dan Pembangunan serta mendorong regulasi yang berpihak bagi pelaku ekonomi dan pengusaha muda.

Mendigitalkan para pengusaha muda Kabupaten Parmout agar adaptif dengan perubahan dan tantangan dunia usaha. Menciptakan strategi dalam mendorong jiwa kewirausahaan, membina, mengembangkan dan memajukan pengusaha muda di Parmout.

Menjadikan Parmout salah satu barometer kewirausahaan di indonesia dan dunia. dimana HIPMI menjadi tempat bertemunya pengusaha dan praktisi bisnis untuk saling berbagi dan bertumbuh. juga menjadi wadah informasi dan pendampingan bisnis bagi calon pengusaha dan UMKM.

Baca Juga