Bapenda Banggai Serahkan SPPT dan DHKP PBB-P2 Serentak

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banggai bergerak cepat dalam meningkatkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2).

Hal itu ditandai dengan penyerahan secara serentak Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB-P2 dan Daftar Himpunan Ketetapan Pembayaran (DHKP) PBB-P2, kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa (Kades) melalui Camat, di Graha Pemda Bangai, Rabu (7/2/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Bapenda Banggai, Damri Dayanun mengatakan Camat bersama Lurah dan Kades memiliki peran penting dalam meningkatkan pembayaran PBB.

“Dengan diserahkan langsung SPPT di awal tahun ini, diharapkan di akhir Desember 2024 nanti bisa terealisasi 100 persen,” kata Damri.

Sementara itu, Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka mengatakan sangat mengapresiasi upaya Bapenda dalam meningkatkan PAD, khususnya dari sektor pajak.

Rendahnya capaian realisasi PBB di wilayah perkotaan, kata Amirudin, menjadi salah satu catatan. Ia mengungkapkan, di wilayah perkotaan seperti Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan dan Luwuk Utara, realisasi PBB masih di bawah 80 persen.

“Saya berharap segera dicarikan solusi. Apa penyebabnya, apakah obyeknya yang bermasalah, atau subyeknya, tolong dikoordinasikan dengan Bapenda,” pesan Amirudin.

Ia juga berharap, kemudahan sistem pembayaran PBB melalui kerja sama dengan sejumlah bank, dapat mengoptimalkan capaian realisasi PBB tahun ini.

“Saya berharap, tahun 2024 ini bisa tercapai 100 persen,” tandas Amirudin.

Baca Juga