Tips Dokter Rocky Irawan Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

MERCUSUAR- Era digital saat ini, kebanyakan dari kita menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer, ponsel, atau perangkat elektronik lainnya.

Menurut Rocky Irawan, dokter yang bertugas di RSUD Poso Sulawesi Tengah, sering terpapar layar elektronik ternyata kurang bagus untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata dengan bijak.

Berikut adalah beberapa cara sederhana dari dr. Rocky Irawan yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata di era digital, sebagaimana yang dikirimkan ke redaksi Mercusuar (12/6/2024).

•              Istirahatkan Mata Secara Teratur

Saat bekerja atau bermain di depan layar komputer atau ponsel, coba berikan waktu istirahat untuk mata Anda atau bisa juga Anda menerapkan prinsip “20-20-20” yaitu, setiap 20 menit, fokuskan pandangan Anda ke objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama minimal 20 detik. Hal ini dapat membantu meredakan ketegangan mata dan mengurangi kekeringan pada mata.

•              Atur Jarak Posisi Layar dengan Mata Anda

Pastikan posisi layar berada sekitar 20-24 inci (50-60 cm) dari mata Anda. Selain itu, pastikan pandangan mata Anda sejajar dengan layar, bukan di atas atau di bawahnya.

•              Selalu Gunakan Filter Blue Light (Cahaya Biru)

Layar monitor atau ponsel dapat menghasilkan cahaya biru yang dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda. Selalu gunakan filter blue light merupakan solusi tepat untuk membantu melindungi mata dari paparan cahaya yang dihasilkan layar monitor atau ponsel.

•              Senam Mata

Pos terkait