Ketua PWI Sulteng Raih Penghargaan Kartu Pers Nomor Satu

  • Whatsapp
FOTO MAHMUD (KIRI)-75ad3589
KETUA PWI Sulteng, Mahmud Matangara (kanan), foto bersama Ketua Dewan Pers, Muh Nuh (tengah) dan Ketua PWI Pusat, Atal S Depari (kiri) pada peringatan HPN tahun 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2/2022). Insert: Penghargaan Kartu Pers Nomor Satu (Press Card Number One/PCNO), yang diterima Ketua PWI Sulteng, Mahmud Matangara. FOTO: DOK PWI SULTENG 

PALU, MERCUSUAR – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah (Sulteng), Mahmud Matangara menjadi orang kedua di Sulteng yang meraih Kartu Pers Nomor Satu (Press Card Number One/PCNO).

Sebelumnya, pada pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin tahun 2020, Pimpinan Umum Trimedia Group, Tri Putra Toana, menjadi orang pertama di Sulteng yang meraih PCNO.

Mahmud yang juga Dewan Manajemen Trimedia Group, menerima PCNO bersama 29 wartawan senior lainnya, pada peringatan HPN tahun 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (9/2/2022). Mereka yang menerima PCNO ini, sudah diseleksi dari nama-nama yang diajukan 34 pengurus daerah PWI.

Dilansir dari Genpi, panitia menggunakan enam kriteria untuk menentukan wartawan yang berhak mendapatkan PCNO, di antaranya ialah wartawan sudah menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat nasional. Selain itu, penerima PCNO juga harus menghasilkan karya jurnalistik secara konsisten minimal 25 tahun.

“Atau juga secara konsisten berkontribusi memajukan SDM pers Indonesia, melalui keterlibatan pribadi dan lembaga dalam pelatihan,” kata Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi, Senin (7/2/2022).

Ketua Umum PWI, Atal S Depari mengapresiasi kiprah para wartawan senior yang menerima PCNO.

Mahmud Matangara kepada Mercusuar, Rabu (9/2/2022) mengatakan atas capaian itu, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak, sehingga dirinya memperoleh penghargaan ini.

Menurut anggota Badan Penelitian dan Pengembangan (LItbang) Harian Mercusuar itu, penghargaan tersebut hadir karena kerja keras bersama untuk memajukan SDM pers di Sulteng.

Wakil Pimpinan Umum Banggai Raya itu menambahkan bahwa pihaknya juga bersyukur atas apresiasi yang diberikan masyarakat pers Indonesia melalui penghargaan ini.

Baca Juga