KPU Poso Mulai Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu

  • Whatsapp

POSO, MERCUSUAR – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan dan penetapan suara Pemilu 2024, dibuka secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, di salah satu hotel di Poso, Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Poso, Verna GM Inkiriwang bersama sejumlah unsur Forkopimda Poso, Komisioner KPU Poso, Bawaslu Poso, para anggota PPK, PPS, saksi, pimpinan dan perwakilan Partai Politik (Parpol).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Poso, Muh. Ridwan Daeng Nusu mengatakan rapat pleno tersebut merupakan bagian integral dari proses demokrasi, yang menentukan pemilihan wakil rakyat untuk periode mendatang.

Ia menegaskan proses rekapitulasi hasil perhitungan suara akan dilakukan secara teliti dan cermat, dengan memerhatikan setiap keberatan atau sengketa yang mungkin muncul dari peserta Pemilu.

“Tentunya kami menerima semua masukan dan pengawasan dari pihak yang terlibat dalam proses ini,” ucap Ridwan.

Ia menyebutkan, kondisi pelaksanaan pesta demokrasi saat ini menunjukkan kemajuan dari Pemilu sebelumnya. Hal itu terbukti dari berkurangnya rekomendasi pelanggaran administrasi oleh Bawaslu.

“Di mana pada Pemilu 2019 terdapat sekitar 20 titik PSU, sedangkan Pemilu tahun ini hanya 6 titik PSU,” sebut Ridwan.

Olehnya, KPU Poso mengimbau kepada seluruh kalangan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas, dengan hasil yang ditetapkan nantinya, demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah Kabupaten Poso.

Rapat pleno terbuka dijadwalkan akan berlangsung pada 2—5 Maret 2024, lalu hasil-hasilnya akan disampaikan dan diplenokan kembali ke jajaran KPU Provinsi Sulteng hingga KPU RI. ULY

Baca Juga