Rumah Guru di SDN Toima Terbakar

  • Whatsapp

BANGGAI, MERCUSUAR – Perumahan Guru SD Negeri Toima, Kecamatan Bunta hangus terbakar pada Rabu (9/8/2023). Kebakaran tersebut mengakibatkan sejumlah barang yang tersisa ditinggal penghuninya, seperti kasur, dan sebagian pakaian bekas tidak tersisa.

Salah seorang warga sekitar lokasi, Tamrin Laotong, yang sempat menyaksikan kebakaran tersebut, mengatakan api terlihat bermula dari lantai, lalu naik hingga menembus loteng dan atap rumah.

Ia lalu keluar berteriak meminta pertolongan warga sekitar, yang segera melakukan pertolongan dan evakuasi dengan menggunakan peralatan seadanya.

“Ada yang menggunakan ember mengambil air, dan sebagian lagi memukul bagian dinding yang rusak, untuk memutus mata rantai kobaran api agar tidak merembes, menembus rumah tetangga lain, sehingga api perlahan mereda sekitar satu jam kemudian,” tuturnya.

Kepala SD Negeri Toima, Eliswati Hiola mengatakan, pihaknya menduga api berasal dari sisa-sisa rokok, karena sebelumnya ia mendapati beberapa murid yang merokok di sekitar lokasi rumah yang sedang tidak dihuni tersebut.

Rumah yang terbakar tersebut, kata Eliswati, sudah puluhan tahun tidak berpenghuni. Dulu, rumah tersebut ditempati salah seorang guru bantu, namun belakangan sudah ditutup dan digembok oleh penjaga sekolah.

Ke depan, kata dia, pihak sekolah akan mengusulkan ke Dinas Dikbud untuk merehab kembali rumah tersebut, atau dibangun laboratorium sekolah. JTN

Baca Juga