Bangkitkan Perekonomian Masyarakat, BRI Peduli DorongPariwisata Pulau Komodo Melalui Bantuan Infrastruktur

  • Whatsapp
B883DD43-4AFB-4BE5-B4B1-91C8DA85F496-fcd9eae8

JAKARTA, MERCUSUAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) turutsertasecaralangsungmendongkrakperekonomianmasyarakat di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, KabupatenManggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Hal ini dilakukan denganmendorongpariwisata di Pulau Komodo agar segera bangkit pasca melandainya pandemi Covid-19.

Upaya yang dilakukan oleh BRI salah satunya adalahdenganmembangunbeberapainfrastrukturpenunjangwisataalam yang dijadikansituswarisanduniaoleh UNESCO tersebut. Bantuanpembangunantersebutberupadermaga, renovasibalaidesa, hingga pembangunanjalurtracking,dan sarana penunjang lain sepertisignage, gazeboatauposistirahat.

Wakil DirekturUtama BRI Catur Budi Hartomengatakan bahwa program bantuan yang diberikanBRImerupakansalahsatubentukCorporateSocialResponsibility(CSR) yang bertujuanuntukmenarikminatwisatawan agar dapatberkunjungdanmelihatlokasi kerajinankayu, dimana lokasi ini dikelolalangsungolehmasyarakatdi Desa Komodo.

Pasalnya, potensiwisata di Pulau Komodo bukanhanyadarikehadiran Komodo sajasebagaisatwaendemik di kawasantersebut. Namunada pula budayamasyarakatsetempat yang memangperludiangkatdan diperkenalkan dengan luas, yang juga memiliki daya tarik tersendiri.Denganpengembanganinfrastrukturdanpariwisatadi wilayah yang dikelola oleh masyarakat setempat, makaakanadadampaklangsungkepadaperekonomianmasyarakat di DesaKomodo,” ujarnyamenegaskan.

Berbagai bantuan tersebut merupakan bagian dari programtanggungjawabsosial perusahaanatau CSR BRI yang dikenaldengannamaBRI Peduli. Dalam menjalankan program BRI Peduli, BRI memilikikonsepuntukmembantumeningkatkankondisilingkunganatauPro Planet, masyarakatatauPro PeopledanekonomiatauPro Profit.

Adapunbantuan di Pulau Komodo ini merupakan bentuk bantuan yang Pro People dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui sektor pariwisata. Namun demikian, pengembangan pariwisata disini tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, khususnya dalam menjaga habitat asli Komodo.

Melaluiberbagai aksi CSR BRI Peduli yangberkesinambungan,BRI telah dinobatkanmenjadi bank terbaikdalampelaksananprogram tanggung jawab sosial perusahaan tersebut. Dimanaselama3 tahunberturut-turutyaitupada 2018, 2019 dan 2020, BRI diganjar denganpredikatBest Bank For CSRin Indonesia dariAsiamoneyBest Bank Award.RES/*

Baca Juga