Berbekal Modal BRI, Bubu Songket Asal Padang Bangkit Kembali

  • Whatsapp
27BDC047-A570-4013-8835-63392B536DB5-826abf8d

BUKIT TINGGI, MERCUSUAR – YosiIrawati (43) asal Bukit Tinggi Sumatera Barat memilihberhentidaripekerjaannya dan memutuskan untuk membuka usaha kecil-kecilan. Pada 2016 silam, pasca melahirkan anak ketiganya, Yosi memulai usahanya dengan menjual pakaian anak-anakhinggaperlengkapandapur.“Saya sudahterbiasabekerjajadibingungmau ngapain di rumah, sayacobauntukusahakecil-kecilan,” kata Yosi.

Namunsetelahbeberapa lama menjalankanberbagaiusahatersebut, Yosimerasatidakadakemajuan yang signifikan. Yosi mencoba mencari peluang bisnis yang baru. Dia merasatertarikdenganusahakainsongket. Keinginanada di dalam dirinya, namun modal belum di tangan. Yosimemutuskanmenabunguntuk membeli satu batangkainsongketseharga Rp 2,5 juta.

Bermodalkan satu batangkainsongket ini, Yosi mulaimenawarkanproduk tersebut kepada rekan-rekannya. Gayungbersambut, pelanggan pun memberikan respon yang baik hingga seiring berjalannya waktu, usaha songket Yosi pun mulai memperoleh banyak permintaan. “Cobaditawariketeman-temankuliahdulu dan ternyata banyak yang minat, disitulahmulai berkembangnyausahasaya,” ujarnya.

Usaha “Bubu Songket” pun kianberkembang dan memiliki banyakpeminat. Kini, produksongketsudahdipasarkankeseluruh Indonesia termasukke Papua, Kalimantan dan Sulawesi. Untukpasar ekspor, kami sudahmenjangkau Malaysia dan Turki.Biasanyadalamsebulan, minimal diamampumenjual 15 kainsongket. Harganyadibanderolmulaidari Rp2,2 jutahingga Rp 8 juta. DalamsebulanYosimampumeraup keuntungan Rp 50 juta hingga Rp 60 juta per bulan.

Takdipungkiri, dalamberusahatentunya akan ada kesulitanyang harus dihadapi. Hal itu juga dialamioleh Yosi pada 2018yang lalu dimana diamengalamikesulitankarenaketerbatasan modal. Kala itu, Bank BRI hadir menjadi penolong bagi usaha songketnya hingga bisabertahan dan berlanjutsampai saat ini.

“Sekitartahun 2018, saya bekerjasama dengankeluargasuami, namun kini saya sudahberdirisendiri. Saat mencoba mandiri,awalnya saya mengalami keterbatasan modal yang akhirnya mendapatkan solusi dari BRI untukmerintisusaha songketsaya agar lebihmajulagi,” ujarnya.

Yosi sangat terbantudenganpinjaman yang diberikan BRI, ditambah lagi dengan proses pengajuan yang praktis. “Saya sangat terbantusekaliwaktusayamengajukan. Prosesnyatidaksulitselamadokumenkita lengkap. Saya hanyabarusekalipinjamke BRI tapi ternyata prosesnyacepat dan mudah,” tambah Yosi.

Baca Juga