Lebih Berdaya Bersama BRI, Rudi Jadi PahlawanKembangkan Kampung Sayur Cempoko

  • Whatsapp
02245DBF-A0ED-4B4B-90CC-2183BECB92DE-e29640c9

PALEMBANGPeringatan 10 November menjadi momentum bangsa Indonesia untukmengenangpengabdianabadi para pahlawanpejuangkemerdekaan. Di era kemerdekaanini, pengabdiantersebutdirefleksikan oleh Rudi Harsamdalampemberdayaanmasyarakat di Kampung SayurCempako.

Bagi Rudi pengabdianterhadapbangsa dan negara sudahmendarahdaging. Selama 31 tahun Rudi mengabdisebagaiprajuritTentaraNasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL). Di akhir masa tugasnya, Rudi bertugas di Pangkalan TNI AL Palembang denganpangkatterakhirSertuKom.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Tampil Gaya dengan Yamaha Fazzio

Setelah purnabaktidariinstitusi yang dibanggakannyaitu pada Juli2021 lalu, Rudi tetapinginmengabdi. Rudi membangun Kampung SayurCempako di sekitartempattinggalnya di daerah Gang Berdikari, Kelurahan 26 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, Sumatra Selatan.

Berawaldarikepedulian Rudi akankebersihanlingkungan, pada awal2020 diamemanfaatkansebuahlahankosongtempatpembuangansampahuntukbercocoktanamdenganmetodehidroponik. Lahankosongtersebutakhirnyadibeli Rudi dan dimanfaatkanwargasekitaruntukmelakukanurban farming.

Upaya Rudi tersebutdiapresiasiwargasekitar yang ikutmenanamsayurdenganmetodeserupa. Semangat Rudi itu pun menyebar, warga di Gang Berdikarikinimengikutilangkahnya.

“Saya berpikirtempat yang dahulukumuhsayabuattempathidroponik, menanamtanamansayuran. Akhirnyawargasadar, lingkunganbagusjikadibuatsepertiini,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :  Tampil Gaya dengan Yamaha Fazzio

Karena haltersebut, pihaknyamendapatpenghargaan kampung kreatifdaridinaspariwisata dan media Sumatra Ekspres. Penghargaantersebutdidukung juga karenaIbu-ibu di sanamenyandanggelar PKK terbaikketiga di Sumselselamaduatahunmenyandang.

Untuksaatiniadasekitar 23 tanaman, baiksayuranataupuntanamanherbal yang ditanam di Kampung SayurCempako. Saatpanen, sayur-sayurandibagikankepadawargasekitar. Tujuannyauntukmendorongwarga lain agar senangbercocoktanam di rumah masing-masing.Rudi pun menegaskan, keberhasilan Kampung SayurCempakobukanhanyakarenakerjakerasnya, namun juga kesediaanmasyarakatsekitaruntukterjunsecaralangsung.

LebihBerdaya Bersama BRI

Saatpandemi Covid-19 mendera Indonesia, Rudi mengakuimasyarakat di daerahtempattinggalnyaikutterguncang. Namunsegalasesuatupastiadahikmahnya.

Baca Juga