Tips Berkendara MAXimal Selama Musim Hujan

  • Whatsapp

MERCUSUAR – Dalam beberapa waktu terakhir, frekuensi hujan pada hampir seluruh wilayah Indonesia mengalami peningkatan sehingga membuat jalan yang dilalui menjadi lebih licin, serta berpotensi menciptakan genangan air di beberapa bagian jalan. Maka hal ini perlu menjadi perhatian para pengendara sepeda motor untuk lebih waspada dan selalu siap siaga dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu. Selain itu, pengendara sepeda motor perlu menjaga kondisi sepeda motornya tetap optimal. Dalam upaya menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berkendara sepeda motor di musim hujan, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memiliki beberapa tips perawatan sepeda motor yang perlu diperhatikan pengendara, diantaranya:

  1. Periksa Tekanan Angin dan Ketebalan Alur Ban
    Kondisi ban yang baik sangat krusial dalam keselamatan berkendara, terutama saat musim hujan. Lakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban secara rutin dan perhatikan ketebalan alur ban. Alur ban yang sudah tidak terlihat atau kempis dapat membuat sepeda motor sulit dikendalikan serta meningkatkan risiko tergelincir di jalan yang basah.
  2. Pastikan Lampu Motor Berfungsi Dengan Baik
    Dengan penglihatan yang terbatas saat hujan, pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu pengereman, hingga lampu sein beroperasi dengan optimal. Lampu yang berfungsi dengan baik tidak hanya meningkatkan penglihatan pengendara di jalan, tetapi juga memberikan sinyal kepada pengendara lain ketika sepeda motor akan berhenti atau berbelok.
  3. Periksa Komponen Pengereman
    Kondisi jalan yang licin memerlukan sistem pengereman yang optimal. Periksa rem depan dan belakang secara teratur, pastikan kampas rem dalam kondisi yang baik. Sistem pengereman yang optimal membantu mengurangi jarak pengereman dan memberikan kontrol yang lebih baik kepada pengendara. Pada model sepeda motor terbaru Yamaha, seperti LEXi LX 155, juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan canggih yang dapat memberikan kontrol maksimal saat berkendara. Salah satunya adalah ABS (Anti-Lock Braking System), yang dirancang untuk mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya fitur ini, potensi tergelincirnya ban atau kehilangan kendali atas sepeda motor dapat diminimalisir.
  4. Lakukan Perawatan Sepeda Motor secara Berkala di Bengkel Tepercaya
    Kenyamanan serta keselamatan berkendara menjadi fokus utama pengendara sepeda motor, terutama di musim hujan. Mendukung hal tersebut, pengendara perlu menjaga kinerja sepeda motor tetap optimal dengan melakukan perawatan sepeda motor secara rutin sesuai dengan jadwal servis yang disarankan. Pengendara sepeda motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha untuk mengetahui jadwal servis rutin, history servis, hingga fasilitas dealer Yamaha terdekat.
    “Mendukung kualitas dan pengalaman berkendara yang menyenangkan saat berkendara di musim hujan, pengendara wajib melakukan pengecekan secara rutin. Adapun proses pengecekan mencakup ban, kampas rem, lampu, dan komponen vital lainnya. Proses pengecekan ini menjadi kunci untuk memastikan komponen sepeda motor beroperasi dengan baik, sehingga pengalaman berkendara nyaman dan optimal. Jika sepeda motor terendam banjir, pengendara dapat membawa sepeda motor ke bengkel resmi Yamaha untuk pengecekan lebih lanjut. Apabila terjadi situasi darurat saat di perjalanan, pengendara juga dapat meminta bantuan teknisi Yamaha melalui layanan SKY (Servis Kunjung Yamaha),” jelas Frengky Rusli, Assistant General Manager Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
    Agar sepeda motor mendapatkan perawatan terbaik, penting untuk melakukan perawatan berkala di bengkel tepercaya atau bengkel resmi Yamaha. Dengan teknisi yang berpengalaman dan dilengkapi teknologi canggih, bengkel resmi Yamaha berkomitmen menyediakan layanan perawatan dengan standar kualitas tinggi. Tidak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan garansi servis sebagai jaminan dari kualitas pekerjaan servis yang telah dilakukan
    Bengkel resmi Yamaha juga menawarkan berbagai layanan yang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada konsumen. Mulai dari layanan booking service hingga layanan home service seperti SKY (Servis Kunjung Yamaha). Melalui SKY, konsumen yang tidak sempat mengunjungi bengkel secara langsung, dapat dengan praktis memanggil teknisi untuk datang ke rumah atau lokasi yang telah ditentukan. Untuk area jabodetabek, konsumen dapat menghubungi One Hotline SKY di nomor 0812 80734662 atau mengunduh aplikasi My Yamaha Motor.
    Dapatkan kualitas berkendara yang menyenangkan serta performa sepeda motor optimal dengan melakukan perawatan rutin di bengkel resmi Yamaha. Untuk informasi selengkapnya terkait layanan bengkel resmi Yamaha dapat mengunjungi dealer resmi Yamaha terdekat, menghubungi call centre Yamaha di 021-24575555, atau email contact_center@yamaha-motor.co.id

Baca Juga