Kepala Kemenag Donggala Pantau Ujian Madrasah di MTsN 1 Donggala

  • Whatsapp
UJIAN-38635bfa

DONGGALA, MERCUSUAR – Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, membuka pelaksanaan ujian di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Donggala berbasis komputer dan gawai, didampingi oleh Ketua Pokjawas, Muh. Veldi Tohopi dan Kepala MTsN 1 Donggala, Djaid Ahmad, Senin (21/3/2022).

Dalam sambutannya, H. Rusdin mengatakan, dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, maka perlu diselenggarakan ujian akhir jenjang pendidikan, dalam bentuk Ujian Madrasah (UM), yang merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah, yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan, untuk semua mata pelajaran.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Mahasiswa SPI UIN Datokarama Palu,  Teliti Tinggalan Sejarah Kota Tua Donggala

Penilaian hasil belajar, merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah, karena penilaan merupakan suatu proses pengumpulan dan pengolahan data dan informasi, untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik, terhadap Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Tambah H. Rusdin,  penilaian hasil belajar di madrasah, meliputi penilaian harian yang mendukung untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik, setelah menyelesaikan  suatu kompetensi dasar, penilaian akhir  semester, serta penilaian akhir tahun dan Ujian Madrasah, yang dilaksanakan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik  pada akhir jenjang pendidikan.

“Olehnya itu, dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Ujian Madrasah, maka diharapkan kepada siswa-siswi yang mengikuti ujian tingkat Madrasah Tsanawiyah, agar sungguh-sungguh dan teliti dalam membaca, menjawab  soal-soal, supaya hasilnya bisa maksimal, jangan asal menjawab soal materi ujian. bacalah dengan baik baru dipilih yang dianggap benar,” ujarnya.

Pilihan Redaksi :   Enam Kecamatan Ikuti GSI Donggala 

Adapun jumlah peserta yang mengikuti ujian berjumlah 116 siswa. */JEF

Baca Juga