Asisten 1: Keputusan Ditangan Wali Kota

  • Whatsapp
RAPAT- Suasana rapat pembahasan penentuan salat id di Kota Palu yang dihadiri sejumlah Forkompinda, di Bantaya Setda Palu, Kamis (31/5/2018). FOTO: ANDI BESSE/MS

TANAMODINDI, MERCUSUAR– Dalam rapat penentuan persiapan Salat Idul Fitri 1439 H, Lapangan Vatulemo masih menjadi pilihan masyarakat untuk digunakan sebagai pusat pelaksanaan salat id, namun keputusan sepenuhnya ada di tangan Wali Kota Palu, Hidayat.

Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Setda Palu,Moh Rifani mengatakan, meskipun perwakilan lintas organisasi keagaman yang dihadiri MUI Palu, Alkhairat, NU, Forum Imam, KUA se-Kota Palu, Polres Palu dan Kodim 1306/Donggala telah bersepakat bahwa pelaksanaan salah id dilaksanakan di Lapangan Vatulemo, setelah mempertimbangkan usulan dan masukan masyarakat, namun penentu keputusan ada ditangan Wali Kota, sehingga putusan final akan ditindaklanjuti pada rapat yang akan dilaksanakan pekan depan.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Untad Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa 

“Mempertimbangkan saran dan masukan dari masyarakat, maka telah disepakati bersama bahwa salat id kota Palu, salah satunya akan dilaksanakan di Lapangan Vatulemo. Selanjutnya untuk yang bertugas sebagai imam dan khatib juga akan dikoordinasikan,” ujar Rifani, mewakili wali kota, di Bantaya Setda Palu, Kamis (31/5/2018).

Sementara itu berdasarkan hasil rapat tersebut juga disepakati bahwa bagi masjid di sekitar Lapangan Vatulemo yang mengadakan pelaksanaan salat Idul Fitri tetap diberi kesempatan. “Untuk lokasi pelaksanaan Salat Id di masing-masing kecamatan menunggu hasil koordinasi antara pemerintah kecamatan dan KUA setempat,” katanya.

Ia menambahkan pada lebaran tahun ini, Pemkot juga akan menggelar pawai malam takbiran dengan rute atau jalur yang akan dikoordinasikan kembali dengan pihak kepolisian dan menghindari jalur-jalur keramaian. ABS

Baca Juga