ASN Diharapkan Mampu Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila 

  • Whatsapp
Pancasila-6c137094
PAPARAN - Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum, saat menyampaikan paparan pada pertemuan Pembinaan Ideologi Pancasila bertajuk ASN Unggul Berhati Pancasila, bagi Sekretaris Perangkat Daerah dan Camat se-Kota Palu, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (9/8/2022). FOTO: Humas Pemkot

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Kepala BKPSDMD Kota Palu, Abidin, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tingggi kepada pihak BPIP yang menginisiasi pertemuan Pembinaan Ideologi Pancasila bertajuk ASN Unggul Berhati Pancasila, bagi Sekretaris Perangkat Daerah dan Camat se-Kota Palu, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu, Selasa (9/8/2022). Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas dan fungsi keseharian.

Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN Pasal 4 menyebutkan bahwa ASN sebagai profesi harus berdasarkan pada beberapa prinsip, yakni nilai dasar, kode etik, dan kode perilaku.

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  PT Wings Serahkan Paket Perlindungan Anak

Unsur nilai dasar yang harus dimiliki pegawai ASN, adalah memegang teguh ideologi Pancasila, setia dan mempertahankan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta Pemerintahan yang sah.

Pemerintah Kota Palu berkomitmen menjadikan ASN Kota Palu unggul yang berideologi Pancasila dan berhati Indonesia. ASN unggul yang toleran yang berakhlak mulia. ASN unggul yang terus belajar bekerja keras dan berdedikasi.

Sementara itu, Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum, yang menjadi narasumber utama mengangkat pembahasan bertajuk ‘ASN Berintegrasi dan Berhati Pancasila’, menyampaikan kepada seluruh ASN agar menjadi pelayan publik secara totalitas.

Pancasila harus diamalkan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan, karena Pancasila harus menjadi living and working ideologi.

Pilihan Redaksi :  Penurunan Stunting, Kepala BKKBN Ajak Seluruh Komponen Bergerak Cepat 

Pancasila tidak hanya menjadi hafalan, tetapi harus menjadi living and working ideology. Living artinya hidup dalam kehidupan, dan working artinya benar-benar terwujud dalam setiap aspek kehidupan.

ASN sebagai salah satu komponen bangsa memiliki peran dan kewajiban dalam membangun kehidupan bangsa dan negara melalui penyelenggaraan dan pelayanan masyarakat secara menyeluruh.

ASN sebagai salah satu motor penggerak dalam pengamalan Pancasila harus mendukung makna Pancasila itu sendiri, yang berawal dari diri sendiri untuk selanjutnya menjadi terus melanjutkan bersama di masyarakat.RES

Baca Juga