BI Sulteng Gelar Pelatihan Ekonomi Digital untuk UMKM

  • Whatsapp
FOTO BERSAMA - Kepala BI Sulteng, Miyono dan sejumlah peserta pelaku UMKM saat berfoto bersama pada pelatihan ekonomi digital di Mercure Palu Hotel, Senin (25/6/2018). FOTO: RESTI ANANDA/MS

PALU, MERCUSUAR – Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar pelatihan untuk ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) Kelurahan Inovasi Kota Palu, Senin (25/6/2018). Pada kegiatan yang digelar di Mercure Palu Hotel itu, pihak BI Sulteng mengundang perwakilan PT Tokopedia Jakarta, Dea Mardiyah sebagai narasumber.

Berita Terkait

 

Dalam sambutannya, Kepala BI Sulteng, Miyono menjelaskan upaya BI mendorong pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif di daerah.  Salah satu faktor untuk mendukung keberhasilan upaya tersebut dimulai dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, SDM berperan penting dan menjadi faktor terbesar keberhasilan suatu program apakah akan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat atau hanya akan berjalan di tempat.

 

“Menyadari pentingnya penguatan aspek kelembangaan SDM, pada kesempatan kali ini Bank Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu menyelenggarakan pelatihan dengan mengambil tema Pemanfaatan Ekonomi Bagi Pelaku UMKM Kelurahan Inovasi Kota Palu,” ujarnya.

 

Kegiatan ini merupakan pelatihan ketiga yang dilakukan oleh BI Sulteng dari rangkaian pelatihan untuk mengembangkan pelaku  UMKM dapat naik kelas dan meningkat secara kapasitas ekonomi.  BI Sulteng sebelumnya telah menyelenggarakan pelatihan aspek kelembagaan yaitu pembukuan dan pencatatan keuangan bekerjasama dengan Universitas Tadulako pada Februari 2018. Lalu ada pelatihan peningkatan daya saing produk UMKM Kota Palu dengan narasumber dari Universitas Brawijaya Malang pada April 218.

 

“Kita tidak ingin hanya menjadi pasar dan penonton di saat seluruh dunia telah berlomba untuk menciptakan inovasi dengan teknologi. Sudah saatnya kita mampu untuk menjadikan pemain di negara kita, bahkan dalam lingkup lebih luas,” jelasnya.RES

Pilihan Redaksi :  Desember, Bantuan UMKM Bakal Disalurkan

Baca Juga