Dampak Cuaca Ekstrem, 9 Titik Lokasi Pohon Tumbang dan Tergenang Air

  • Whatsapp

TONDO, MERCUSUAR – Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo, bersama sejumlah pejabat terkait, melakukan tinjauan langsung di beberapa lokasi terdampak hujan deras, Rabu (24/1/2024).

Lokasi yang menjadi fokus kunjungan adalah Jalan Durian dan Jalan RE Martadinata, di mana sejumlah pohon tumbang menghalangi jalan protokol Kota Palu. Hujan yang terus mengguyur sejak Selasa (23/1/2024) malam, juga menyebabkan genangan air di Jalan Soekarno Hatta depan Mapolda Sulteng.

Kepala Bidang Pengelolaan RTH, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Herdy Firmansyah mengatakan, ada sembilan titik lokasi pohon tumbang, termasuk Jalan SIS Al-Jufri, Jalan Nanas, dan Jalan Pipit. Personel DLH Kota Palu dikerahkan untuk mengatasi dampak tersebut.

Saat berkunjung di sekitar Pasar Inpres Manonda, melihat saluran air yang meluap, sekkot juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat, agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Meluapnya saluran air ini, salah satunya disebabkan oleh pembuangan sampah sembarangan,” kata sekkot, bersama pejabat terkait, termasuk Kadis DLH Kota Palu dan Kalak BPBD Kota Palu.

Menurutnya, upaya bersama perlu dilakukan untuk merespons situasi ini. Selain itu, Irmayanti menekankan, pentingnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan demi mengurangi risiko dampak cuaca ekstrem. RES

Baca Juga