TANAMODINDI, MERCUSUAR – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kota Palu menerima penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah yang diserahkan Ketua Sofyan Farid Lembah, Rabu (26/01/2022) di Mako Damkarmat.
Sofyan mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan publik tidak bisa dilakukan secara terpisah dari berbagai pihak serta harus ada perpaduan dari berbagai bagian yang menjadi pilar dari pelayanan publik itu sendiri, termasuk dari pimpinan dan pelaksananya.
“Kualitas pelayanan publik tidak bisa ditingkatkan hanya dengan inisiatif dari pimpinan atau pelaksana semata, harus digabungkan dengan kebutuhan masyarakat,”jelas Sofyan.
Dia menyampaikan bahwa selama ini Dinas Damkarmat melakukan inovasi terkait sistem penyelamatan dan pencegahan serta penanggulangan kebakaran. Lebih lanjut Sofyan mengatakan semoga penghargaan menjadi pemicu peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
Dia katakan penghargaan ini berdasarkan inovasi personal Damkarmat yang kerap menolong warga dalam penanganan bencana non kebakaran, disesuaikan dengan tugas dan tanggung jawab yang ada, khususnya pada aspek peristiwa non kebakaran.
Inovasi Damkarmat, dinilai dalam persepektif Ombudsman dalam pelayanan bidang non kebakaran seperti penanganan hewan liar dan piaraan serta evakuasi cincin di jari dan benda-benda berharga lainnya pada tempat-tempat yang sulit.
Sementara, Sudaryano mengatakan, atas nama dinas dan seluruh personel Damkarmat Kota Palu menyampaikan terima kasih atas atensi dan supporting Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tengah.
“Semoga penghargaan ini lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanan dasar kepada masyarakat khususnya pada sub bidang kebakaran, non kebakaran dan bencana lainnya,”ujarnya. ABS