Dua Pemuda Thailand, Dapat Kemudahan Untuk Kuliah di UIN Datokarama

Rektor beserta segenap unsur pimpinan UIN Datokarama Palu, saat menyambut kedatangan dua mahasiswa asing asal Thailand, yang akan menempuh pendidikan di kampus tersebut. FOTO: DOK HUMAS UIN DK

LERE, MERCUSUAR – Dua pemuda asal Thailand mendapat kemudahan dan keringanan, untuk kuliah jenjang strata satu (S1) di Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama. Rektor UIN Datokarama, Prof. Lukman Thahir, Kamis (18/4/2024) mengemukakan, dua pemuda asal Thailand yang ingin menimba ilmu di UIN Datokarama tersebut, akan diberikan kemudahan dan keringanan pembiayaan dan tempat tinggal.

“Iya, mereka mahasiswa asing asal Thailand, akan diberikan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau SPP selama delapan semester. Di samping itu, universitas juga akan mengupayakan pemondokan atau tempat tinggal bagi mereka,” ujar Prof. Lukman, di sela – sela menerima kedatangan dua warga Thailand.

Dua pemuda asal Thailand itu bernama Asman Wenden dan Siddik Guwing. Mereka tiba di Kota Palu melalui Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri pada Kamis (18/4/2024). Kehadiran dua pemuda asal Thailand ini, berkat adanya kerja sama hubungan internasional antara UIN Datokarama dengan Thailand.

Mereka memilih kuliah di program studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI), pada Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Datokarama.

“Mereka akan menjadi mahasiswa baru mulai tahun 2024 ini, dan menempuh pendidikan jenjang strata satu selama delapan semester ke depan,” ujarnya.

Prof. Lukman menyatakan, dua pemuda asal Thailand tersebut akan dibiayai oleh UIN Datokarama selama kuliah jenjang strata satu. Hal ini karena mereka tidak dibiayai oleh pemerintah pusat.

Kehadiran dan kesediaan dua pemuda asal Thailand untuk kuliah di UIN Datokarama kata Prof. Lukman, memberikan dampak positif terhadap penguatan nilai akreditasi universitas dan program studi yang dipilih oleh mereka berdua.

“Hal ini tentu menopang upaya UIN Datokarama menuju percepatan pencapaian akreditasi unggul,” sebutnya.

Pos terkait