LOLU UTARA, MERCUSUAR – Pos Indonesia telah ambil ancang-ancang untuk memenangkan persaingan era digital lewat pengembangan aplikasi jasa keuangan Digiroin dan memperkuat layanan kurir dengan menebar Pasukan ‘Oranger’.
Manager Penjualan PT. Pos Indonesia Kantor Pos Palu, Zulaeha P.A Latief memaparkan dihadapan Mitra CDC Telkom Palu dalam kegiatan sosialisasi OrangerKurir online dari Pos Indonesia Cabang Palu dengan memberikan banyak kemudahan dan manfaat dalam pengiriman di Gedung Rumah BUMN (RKB) Jalan KH, Ahmad Dahlan, Kamis (20/1/2022).
Ia katakan hingga saat ini baru sekitar 36 persen masyarakat Indonesia yang memiliki akun bank, sedangkan 64 persen masyarakat yang tinggal dipelosok belum tersentuh keuangan inklusif, karena sulitnya akses ke perbankan.
Sejak digulirkannya program inklusi keuangan atau “Laku Pandai” bagi kalangan perbankan, Pos Indonesia wajib menyusun produk yang lebih efisien dan efektif. Kalangan perbankan semakin agresif melebarkan gugus layanan melalui agen Laku Pandai.
“Kehadiran branchless banking merupakan tantangan kompetitif bagi Pos Indonesia yang mengandalkan keberadaan agenpos dengan Pospay untuk layanan Digital Giro atau Pospay,” ujar Zulaeha.
Pospay merupakan layanan meliputi remittance atau pengiriman uang secara cash to cash , baik dalam maupun luar negeri, payment yaitu pembayaran tagihan di 300 biller mitra, dan penyaluran dana pemerintah yang terbatas pada dana pensiun.
Adapun inovasi model bisnis Pos Indonesia juga merangsang kehadiran “Oranger”. Ini merupakan sebutan bagi para petugas pos yang siaga di berbagai tempat, yang merupakan bagian dari improvement pada fungsi collecting kurir Pos Indonesia.
Menurut Zulaeha, strategi menebar dan meluaskan jangkauan petugas pos merupakan misi perseroan untuk memperkuat relasi kepada konsumen. Ada teknologi yang kelak digunakan masyarakat untuk mengetahui keberadaan Oranger terdekat dari jangkauan.
“Pengiriman saat ini berbasis paket, karena explosive-nya bisnis e-commerce. Oleh karena itu sangat menyulitkan bagi sender untuk mendatangi kantor pos membawa sejumlah paket yang akan dikirim,” kata dia
Keberadaan Oranger dapat langsung menjemput paket para pengirim dalam waktu singkat. Pada praktiknya, pasukan siaga tersebut bertugas berkeliling menawarkan produk, menjemput produk, bahkan membantu costumer melakukan entry data kiriman.
“Jadi pelanggan tidak perlu menulis data lagi, langsung di-input di smartphone yang kita bekali pada Oranger tersebut,”jelasnya. ABS