Ketemu Presiden, Cudy Laporkan Kondisi di Sulteng

Gubernur Ketemu Presiden-a1e07dd3

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura diundang khusus Presiden RI,Joko Widodo ke Istana Negara, Senin (30/8/2021). Kunjungan Rusdy Mastura ini merupakan kunjungan yang sangat istimewa, lantaran tiba – tiba dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno karena diminta Presiden RI Joko Widodo untuk bisa menghadap di Istana Negara.

Setelah pertemuannya dengan Menko Maritim dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, dilanjutkan dengan pertemuan Menko Polhutkam, Mahfud MD. Dalam pertemuan tersebut, Cudy sapaan akrab Rusdy Mastura meminta kepada Menko Maritim dan Investasi agar kondisi Sulteng mendapat perhatian terkait dengan peningkatan fiskal dan peningkatan DBH atau insentif sebagai daerah penghasil tambang.

Sementara, kepada Menko Polhukam Mahfud MD, Cudy melaporkan kondisi Sulteng, khususnya kondisi Poso, di mana ia sudah memberikan dukungan terhadap Operasi Madago Raya melalui Polri Rp 2 miliar dan TNI Rp 1,6 miliar.

Selanjutnya, Gubernur melakukan penandatangan MoU dengan Komnas HAM. Cudy menyampaikan dalam pertemuan tersebut, ia melaporkan kebijakan terkait dengan percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Rehab – Rekon) dampak bencana alam di Sulteng.

Ia melaporkan kepada Presiden Jokowi tentang kebijakan dukungan untuk penyelesaian bencana sosial Poso dengan memberikan Dukungan terhadap Operasi Madago Raya untuk TNI dan Polri sebesar Rp 3, 6 miliar. Gubernur juga melaporkan kepada Presiden Jokowi tentang kebijakan lenanganan Covid -19.

“Berbagai upaya dilakukan untuk mempercepat penurunan kasus Covid -19 di Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

Salah satu kebijakan itu, ungkap gubernur, tentang pemberian hadian 1 unita sepeda motor kepada Lurah dan Kepala Desa yang berprestasi dalam penanganan Covid – 19. Ia ingin memastikan Intruksi Mendagri berjalan baik di kabupaten dan kota sampai ke desa dan kelurahan. Selain itu kebijakan Pemprov dalam pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid – 19.

Cudy menyampaikan ucapan terima kasih atas kebijakan Presiden Jokowi dalam hal pemulihan ekonomi terkait dengan penyaluran kredit UMKM dengan bunga rendah yang berlaku sampai Maret.

Pos terkait