Lima Lapak Penjual Pakaian di Tondo Ludes Terbakar

  • Whatsapp

TONDO, MERCUSUAR – Sebanyak lima lapak jualan dan toko penjual ban di Jalan R.E. Martadinata, Kelurahan Tondo, ludes dilalap si jago merah, Senin (27/11/2023). Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan singkat arus listrik (korsleting).

Informasi yang diperoleh, kebakaran itu terjadi sekira pukul 09.10 Wita. Awalnya asap tebal terlihat dari salah satu lapak jualan yang berjejer itu, kemudian diikuti kobaran api.

Warga sekitar berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, namun kobaran api semakin membesar, akibat tiupan angin yang cukup kencang.

Salah seorang warga, Samsul mengungkapkan, saat itu dirinya sedang asyik duduk-duduk dengan beberapa rekannya, lalu tiba-tiba melihat kepulan asap tebal disertai kobaran api dari salah satu lapak, tidak lama kemudian beberapa orang keluar dari dalam lapak sambil membawa barang-barang yang bisa diselamatkan.

Kepal Bidang Sarana Teknis Disdamkarmat Kota Palu, Djoko Sarmanto mengatakan, sebanyak 39 personel dengan dukungan peralatan 7 unit mobil pemadam dan 1 unit water canon diturunkan untuk memadamkan kobaran api, sehingga tidak merembes ke rumah lainnya.

“Api baru dapat dipadamkan sekitar 1 jam dengan menghabiskan ribuan liter air, yang disuplai dari bak penampungan Damkar dan SMK 7 Palu,” jelasnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun diperkirakan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah. AMR

Baca Juga