Pemkot Kenalkan Layanan Pengaduan Terintegrasi

  • Whatsapp
LAUNCHING- Launching pengaduan masyarakat melalui layanan teamplan yang bekerjasama dengan Telkomsel, di Bantaya Setda Palu, Jumat (8/6/2018). FOTO: ANDI BESSE/MS

TANAMODINDI, MERCUSUAR- Terobosan baru dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dibidang layanan tanggap cepat atas setiap kejadian yang ada di Kota Palu khususnya yang berkaitan dengan kebakaran, kebencanaan, keamanan dan ketertiban serta penyelamatan.

Terobosan dimaksud adalah pengaduan masyarakat melalui layanan Telkomsel Teamplan dan Web2sms Corporate dengan nomor 0811 45 600 600 atau 0811 45 Goo Goo.

Berita Terkait

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Sudaryano Lamangkona mengatakan, program yang dilaksanakan dengan menggandeng Telkomsel tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan laporan atau informasi bila terjadi sesuatu serta memudahkan dan mempercepat pelayanan untuk melakukan penanggulangan terhadap suatu kejadian.

Pilihan Redaksi :  Fapetkan Untad Rayakan Dies Natalis ke - 9

Anno salam akrabnya, melanjutkan awalnya layanan pengaduan ini hanya berlaku pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot, seperti Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, RSU Anutapura.

“Sebelum program ini dibuat, masing-masing OPD masih melakukan antisipasi secara parsial dan tidak terintegrasi, sehingga terkesan jalan sendiri-sendiri. Dengan adanya program layanan ini, maka kegiatan penanggulangan akan dilakukan secara terintegrasi dan dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan tugas dan fungsi dari OPD bersangkutan,” ujarnya.

Jika terjadi sesuatu di lingkungan masyarakat, maka dengan menghubungi call center 0811 45 600 600 dengan cara menelpon atau SMS, maka informasi tersebut secara otomatis akan langsung menyebar di seluruh OPD yang menangani  kejadian tersebut.

Pilihan Redaksi :  Disdikbud Palu Targetkan Percepatan Vaksinasi Anak

“Contoh misalnya jika terjadi kebakaran, maka seluruh komponen tugas dimasing-masing OPD akan langsung bergerak menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) tanpa harus melakukan pra kondisi dan koordinasi teknis lagi.

Olehnya setiap laporan dan informasi yang diberikan agar benar-benar akurat mengenai bentuk kejadian, tempat kejadian, waktu kejadian dan sebab kejadian sudah terinformasikan lewat call center dimaksud.

 

Informasi Bohong Akan Terblokir

Program ini juga telah didesain sedemikian rupa, sehingga jika ada yang memberikan informasi atau laporan bersifat bohong akan cepat terdeteksi dan secara otomatis nomor teleponnya akan terblokir.

“Sehingga tidak ada lagi orang-orang yang bertindak iseng, seperti yang selama ini sering terjadi, terutama di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu,” ujar Anno.

Pilihan Redaksi :  Ketua TP-PKK Pertemuan dengan Tim Perempuan Adipura

Setelah di Launching pada Jumat, (08/06/18), program ini akan efektif berjalan pada 10 Juni 2018, sebab akan dilakukan uji coba dan penginputan berbagai data yang dibutuhkan. Adapun pusat pengendali dan kontrol program ini berada di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu yang juga mepunyai Tim Reaksi Cepat (TRC). ABS

Baca Juga