Serahkan 1.127 Sertifikat Tanah – Warga Diingatkan Cek Nama yang Tertera

  • Whatsapp
Penyerahan Tanah

LAMBARA, MERCUSUAR – Plt.Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said menyerahkan secara simbolis 1.127 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) masyarakat di empat Kelurahan Kecamatan Tawaeli, di Aula Kantor Camat Tawaeli, Jumat (23/10/2020). Olehnya pihak ATR/BPN meminta warga penerima untuk mengecek kembali nama yang tertera di sertifikat tersebut.

Dalam sambutannya, Sigit mengucapkan selamat kepada warga yang baru saja menerima sertifikat. Dia juga mengingatkan agar, menyimpan baik-baik bukti kepemilikan tanah tersebut. “Ingat, masalah tanah adalah sangat penting. Keabsahan kepemilikannya sangat penting, agar tidak menimbulkan sengketa dan hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Maka dari itu simpanlah baik-baik sertifikat tanah ini, kalau perlu difotokopi, sehinggasuatu saat diperlukan mudah mencarinya,” kata Sigit.

Sigit menyatakan program ini sesuai arahan Presiden RI, bertujuan agar masyarakat mendapatkan hak atas tanahnya sehingga berdampak pada kesejahteraan bagi masyarakat.

“Dengan program ini Presiden berharap masyarakat paling tidak bisa menjadikan sertifikat menjadi modal usaha,” ujarnya.

Artinya, katanya sertifikat tanah ini bisa digadai namun jangan dijual sehingga bisa diambil manfaatnya dalam bentuk pinjaman agar masyarakat bisa menggunakannya seperti untuk modal usaha maupun yang lainnya.

“Tetapi jangan lupa ditebus, banyak orang titip-titip tapi lupa dia tebus,” lanjutnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Kanwil BPN provinsi Sulawesi Tengah dan atas

kinerja ATR/BPN Kota Palu dalam melayani program PTSL. Program tersebut, katanya, sangat membantu masyarakat yang telah melaksanakan tugas memenuhi hak masyarakat ini dengan penuh keterbatasan. Ia juga berpesan kepada para lurah dan camat se-Kota Palu untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Program ini sangat bagus. Pemkot mendukung penuh dan siap memberikan fasilitasi dan kemudahan untuk kelancaran program PTSL ini,” imbuhnya.

Sementara Kepala ATR / BPN Palu, Hosea Lintin mengungkapkan kegembiraannya karena program PTSL ini didukung oleh Pemkot, ia juga mengingatkan, apabila ada yang keliru dalam penulisan sertifikat agar segera dilaporkan kepada Kepala Kelurahan, untuk nantinya diperbaiki oleh Kantor ART/BPN.

Baca Juga