SMAN 1 Palu Maksimalkan Pelatihan KIR

  • Whatsapp

BESUSU TENGAH, MERCUSUAR – Memaksimalkan pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR), SMAN 1 Palu melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) kepada para siswa. Pelatihan itu sebagai bentuk upaya dari sekolah untuk bisa memberikan berbagai ilmu tentang dasar-dasar pembuatan KIR.

SMAN 1 Palu merupakan salah satu sekolah unggulan. Selain prestasi akademik dan non akademik, sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang banyak meraih berbagai prestasi di bidang KIR. Mereka sudah pernah meraih berbagai prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, pembinaan sangat penting dilakukan, agar para siswa bisa lebih berminat di bidang KIR. 

“Kegiatan ini kami laksanakan sebagai pembekalan kepada para siswa, agar bisa lebih berminat dengan KIR. Kami memberikan pelatihan dasar-dasar dalam pembuatan KIR, sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing, terutama dalam hal penulisan, karena mereka bisa memilih apakah ingin menulis secara sains atau humaniora. Jadi seluruh siswa diberikan kebebasan, untuk bisa menulis sesuai dengan keinginan mereka masing-masing,” kata Pembina KIR SMAN 1 Palu, Ratih Pramayanti, Sabtu (11/2/2024).

Pihaknya mengatakan, dengan adanya pelatihan ini, mereka bisa memberikan pendidikan secara maksimal tentang cara menulis KIR. Pada prinsipnya, menulis yang baik itu tidak lepas dari literasi, makanya budaya literasi tetap dibudayakan secara maksimal. Sebab, jika tidak ada dasar literasi bagai mana kita bisa menguasai cara penulisan yang baik dan benar.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk seluruh siswa, karena sejak jauh hari sudah diinformasikan kepada para siswa. Jadi memang tidak semua yang ikut pelatihan karena kegiatan ini tidak dipaksakan, intinya siswa yang mau saja yang diberikan pelatihan,” terangnya.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu persiapan sekolah, untuk mengikuti berbagai lomba karya tulis yang akan dilaksanakan oleh kementerian pendidikan. Tentunya dengan adanya pembekalan ini, para siswa nantinya diharapkan mampu meraih berbagai prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. UTM

Baca Juga