Wawali Apresiasi Tangga Banggo Siranindi Festival

  • Whatsapp
HLL

SIRANINDI, MERCUSUAR – Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said, membuka secara resmi pelaksanaan Tangga Banggo Siranindi Festival, kamis (6/9/2018). Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan gimba secara serentak oleh Wakil Wali Kota Palu, didampingi Ketua Dewan Adat Kelurahan Siranindi, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu, Camat Palu Barat, Lurah Siranindi, serta Ketua Panitia.

Wakil Wali Kota, dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, sebagai salah satu upaya mendukung visi dan misi Pemerintah Kota Palu, yaitu menjadikan Palu sebagai kota jasa yang berbudaya dan beradat, dilandasi iman dan takwa.

“Sejak awal saya datang sampai saya berdiri di atas panggung sekarang, saya memperhatikan segala prosesi adat, mulai dari pemakaian siga, penyambutan Topeaju dan Peule Cinde, tari Pontanu, hingga pembacaan singkat sejarah Tangga Banggo tadi, membuat saya takjub sekaligus mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Siranindi, dalam upaya melestarikan budayanya,” ujar Wakil Wali Kota.

Pilihan Redaksi :  Untad Bersama Pemkab Poso Deklarasikan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Pamona Selatan

Drinya pun berharap pelaksanan kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga akhir dan berharap, pelaksanan kegiatan ini, menjadi sarana perekat kehidupan sosial masyarakat, wadah untuk bersilaturahmi, serta wadah penyaluran kreativitas beluk generasi muda.

Tangga Banggo Siranindi Festival ini sendiri, terdiri dari sejumlah rangkaian kegiatan, meliputi pagelaran musik dan budaya, festival, aneka lomba, seminar, aneka kegiatan sosial, serta diramaikan aneka stan pameran, mulai dari pameran sejarah, hingga kuliner tradisional.

Kegiatan ini sendiri akan berlangsung dari 6-9 September 2018. JEF

Baca Juga