Di Morowali, Tahajud Menang Sementara

  • Whatsapp
RILIS - JSI memaparkan hasil hitung cepat Pilkada Morowali pasca pencoblosan di Swiss-Belhotel, Rabu (27/6/2018) sore. JSI merilis Tahajud unggul dengan 36,65 persen suara. FOTO: KARTINI NAINGGOLAN/MS

MOROWALI, MERCUSUAR – Pilkada Morowali mencatatkan hasil mengejutkan.  Hitung cepat calon nomor urut 1 Taslim-H Najamudin (Tahajud), menunjukkan perolehan 37 persen suara.  Menyusul pasangan nomor urut 3 Sarifudin Hafid-Chaerudin Zen (Sah) 27 persen,  pasangan nomor  urut 2 Ambo Dalle-Aminuddin Awaludin (Adam Beramal) 23 persen, nomor 5 Haris Nunu-Ismail (Harisma) 7 persen, dan terakhir nomor 4  Silahudin Karim-Sunardin Firdaus (Sinar) sebesar 4 persen.

Ketua tim pemenangan Tahajud, Kuswandi mengatakan hasil perhitungan tersebut diperoleh dari 212 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 252 TPS. Namun pihaknya yakin suara tidak akan bergeser.  “Hasil ini sudah dipastikan bahwa kemenangan berada pada pasangan kami, karena kami hanya tinggal menunggu hasil dari 40 TPS lagi,” ungkapnya.

Pilihan Redaksi :  HUT Morowali, Dinas Pendidikan Luncurkan Morowali Electronic Book

Berita Terkait

Pasangan Tahajud diusung oleh Partai NasDem, Golkar, Hanura, PKS, Sedangkan dua partai pendukung adalah Partai Perindo, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Sementara itu, di Palu, Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil quick count atau hitung cepat Pemilihan Bupati dan Wabup Morowali. Direktur Manajemen Riset JSI, Rudi Ruswandi mengatakan, ada 220 TPS dari 252 TPS di Kabupaten Morowali yang menjadi sampel hitung cepat.   JSI merilis Tahajud berada di posisi teratas 36,65 persen; selanjutnya Sah 28,14 persen;  berikutnya Adam Beramal, Harisma, dan Sinar.  Wilayah yang cukup ekstrim, seperti Menui Kepulauan, datanya tidak akan mempengaruhi posisi Tahajud, sebab wilayah tersebut cenderung  memilih pasangan Harisma.  Sementara itu, Cabup Morowali Taslim mengemukakan kemenangan dirinya dan pasangannya Najamuddin merupakan kemenangan masyarakat Morowali. “Kemenangan Taslim-Najamuddin (Tahajud) sejatinya adalah kemenangan perjuangan masyarakat Morowali,” kata Taslim.
Ia berterima kasih kepada masyarakat Kabupaten Morowali yang memberikan kepercayaan dan amanah kepada  ia dan pasangannya untuk memimpin Kabupaten Morowali lima tahun ke depan.
Saat pencoblosan di Morowali,  Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming, dan Kapolda Sulteng, Brigjen Pol Ermi Widyatno tampak melakukan peninjauan.  Jumlah pemilih yang terdaftar di Pilkada Morowali sebanyak 90.987 orang. Terdiri atas 47.259 pemilih laki-laki dan 43.728 pemilih perempuan, tersebar di 133 desa dan sembilan kecamatan. TIN/BBG/ANT

Pilihan Redaksi :  HUT Morowali, Dinas Pendidikan Luncurkan Morowali Electronic Book

 

 

Baca Juga