Wagub Sulteng Cek Smelter PT GNI

  • Whatsapp
FOTO WAGUB SULTENG

MORUT, MERCUSUAR – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusli Dg Palabbi mengunjungi ke PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara (Morut), untuk memastikan pabrik smelter yang dibangun perusahaan itu beroperasi dengan baik.

“Kami ingin memastikan perusahaan tambang dan smelter di Sulawesi Tengah bisa berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan,” ujar Wagub pada pertemuan dengan PT GNI di Morut.

Berita Terkait

Wagub menyampaikan pada PT GNI bahwa kunjungan rombongan Pemprov Sulteng ingin mengecek progres pembangunan PT GNI dan juga memastikan tidak ada hak-hak masyarakat yang diabaikan perusahaan.

Pilihan Redaksi :  Kakanwil Kemenkumham Sulteng Kunjungi Lapas Ampana

BEROPERASI MEI 2021

Perwakilan  Eksternal PT GNI, Anto memaparkan saat ini perusahaan itu sedang
memacu penyelesaian dua unit pabrik smelter agar dapat beroperasi pada Mei 2021.
Olehnya itu, kata dia, pihak perusahaan akan menambah sekira 4.000 tenaga kerja untuk mempercepat penyelesaian smelter tersebut.

“Kami utamakan mencari tenaga yang berskill di Morowali Utara dan seputaran Sulawesi Tengah, kemudian dari luar daerah, kalau belum mencukupi,” ujarnya.

SERAP TENAGA LOKAL

Mendengar penjelasan itu, Wagub berharap agar perusahaan dapat menyerap tenaga lokal yang ada sebelum memasok tenaga dari luar daerah supaya tidak ada kecemburuan.
Selain itu, Ia meminta perusahaan mempercepat penyelesaian sisa lahan masyarakat yang diambil untuk pengembangan usaha termasuk melengkapi dokumen AMDAL dan perizinan terkait lainnya.

Pilihan Redaksi :  ASN Sulteng 2022 Siap Digelar Tanpa Dua Kabupaten

“Kami sangat berterima kasih ada investasi yang sangat besar di Morowali Utara dan sekaligus mengangkat Sulawesi Tengah sebagai tujuan investasi,” kata Wagub. BOB

Baca Juga