2018, Pembangunan Jalan Prioritas di Kayumpia

  • Whatsapp

SIGI, MERCUSUAR – Kepala Desa (Kades) Kayumpia Kecamatan Kinovaro, Walistin mengatakan pada tahun 2018 ini program prioritas di Pemerintah Desa (Pemdes) Kayumpia salah satunya adalah pembangunan akses jalan.

Walistin mengaku hal itu dikarenakan kondisi jalan di desa tersebut sampai sekarang masih memprihatinkan. “Pencairan Dana Desa (DD) tahun 2018 ini untuk tahap pertama yakni 60 persen telah kami terima, dimana salah satu prioritas programnya yaitu pembangunan jalan kantong produksi sepanjang empat kilometer. Kami sementara laksanakan sekarang,” jelas Walistin melalui ponsel, Rabu (20/6/2018).

Berita Terkait

Pilihan Redaksi :  Sigi dan Kejati Sulteng Kerjasama GAMJAK 

Menurutnya, pembangunan jalan tersebut menjadi akses sentral bagi masyarakat setempat yang memiliki mata pencaharian utama berkebun. Dimana kebun masyarakat rata-rata berjarak lebih dari enam kilometer dari pemukiman.

“Kami bangun bertahap, tahun ini empat kilometer kami bangun dan ini merupakan murni aspirasi serta kebutuhan dasar masyarakat. Jalan kantong produksi ini juga kami bangun untuk memudahkan akses masyarakat dalam beraktivitas di kebun, termasuk memperlancar proses pengangkutan hasil panen mereka,” sambungnya.

Selain itu, Walistin mengaku setiap Sabtu pihaknya bersama masyarakat setempat rutin melakukan kerja bakti, termasuk memperbaiki jalan yang rusak maupun terkena longsor. “Kalau hujan deras, seringnya ada beberapa titik jalan yang terkena longsor sehingga mobil tidak bisa melintas. Jadi kami kerja bakti salah satunya untuk mengecek dan memperbaiki jalan,” tuturnya.

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Ibadah Syukur di Sopu

Berhubung Kayumpia tergolong desa baru, ia pun berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi dapat memberi perhatian, terutama menyangkut akses jalan. “Kami juga berharap masyarakat terus mendukung dan berperan aktif dalam setiap pembangunan di desa. Kami tidak bisa bergerak sendiri tanpa dorongan dari masyarakat,” tutupnya. BAH

Baca Juga