Bappeda Touna Studi Banding ke Sigi

  • Whatsapp
KEPALA BP3D Sigi Sutopo Sapto Condro dan Kadis Sosial Sitti Ulfah saat menerima kunjungan Bappeda Kabupaten Tojo Unauna di ruang rapat Bupati Sigi, Rabu (30/5/2018) pekan lalu. FOTO: SANAJI/MS

SIGI, MERCUSUAR – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tojo Unauna (Touna) studi banding ke Kabupaten Sigi, terkait manajemen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Demikian dikatakan Sekretaris Bappeda Touna Alfian Matajeng.

Berita Terkait

Dijelaskan Alfian, pihaknya studi banding ke Sigi, mengingat manajemen SAKIP Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi sudah bagus.

Setelah pertemuan tersebut, pihaknya akan melakukan penguatan terhadap organisasi kelembagaan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tekait pemahaman tentang SAKIP.

“Penguatan kelembagaan adalah yang memenejerial dari pada SAKIP kabupaten. Langka berikutnya adalah bagaimana mengimplementasikan materi yang kita dapat baik dalam pelaksanaan kegiatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sekaligus yang kita  dapat dari Kabupaten Sigi,” jelas Alfian.

Pilihan Redaksi :  Sigi dan Kejati Sulteng Kerjasama GAMJAK 

Menurutnya, informasi yang diperoleh itu akan dikolaborasikan, serta akan dicoba implementasikan di Kabupaten Touna, sehingga SAKIP di Touna juga bisa meningkat dalam rangka penilaian kedepan. “Untuk SAKIP percontohan sesuai petunjuk dari MenPan dan Reformasi Birokrasi,” tuturnya.

Dikatakannya, di Touna ada 10 OPD yang menjadi percontohan. OPD tersebut yang akan bekerja maksimal memperbaiki SAKIP, termasuk SAKIP kabupaten. “Ini akan ditularkan kepada OPD yang bukan menjadi contoh,” katanya.

Kepala Badan Penelitian Perencanaan Pembangunan Daerah (BP3D) Kabupaten Sigi Sutopo Sapto Condro mengapresiasi Pemkab Touna yang telah mengutus OPD untuk studi banding di Sigi terkait SAKIP.

Dengan harapan, informasi yang diperoleh dapat dipahami, sehingga dapat diterapkan Pemkab Touna setelah pulang nanti.AJI

Baca Juga