Diapresiasi Masyarakat Kulawi

  • Whatsapp
Rolly Bagalatu

SIGI, MERCUSUAR – Masyarakat Kecamatan Kulawi mengapresiasi kegiatan penguatan pranata adat melalui festival budaya untuk perdamaian yang diselenggarakan di Desa Bolapapu, pada 20-21 September 2018.

Camat Kulawi Rolly Bagalatu mengatakan apresiasi tersebut ditujukan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Dinas Pariwisata Sigi, Event Organizer (EO) penyelenggara kegiatan beserta panitia, sehingga kegiatan itu berjalan lancar.  

Mengingat kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan dan keunikan adat dan budaya Sulteng, khususnya Kabupaten Sigi.

“Melalui adat dan budaya Kulawi kita kenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia tentang tradisi kerukunan dan kesatuan masyarakat berbasis kearifan lokal melalui pranata adat dan budaya yang telah terpelihara turun temurun oleh masyarakat kulawi, serta menjadikan kegiatan ini sebagai media untuk tetap melestarikan potensi kearifan lokal dan nilai-nilai tradisi untuk tetap dijaga dan dipelihara,” ujar Camat, Selasa (25/9/2018).

Pilihan Redaksi :  Wabup Hadiri Peresmian Rumah Dinas Divisi Gimpu Pipikoro

Masyarakat Sulteng khususnya masyarakat Kabupaten Sigi adalah masyarakat yang bijak dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi dan dapat membangun semangat persatuan dan kesatuan. “Diharapkan, semoga festival ini dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang didalam kehidupan masyarakat kita. Selain itu, juga dapat bermanfaat dan memberikan motivasi semangat kebersamaan, gotong royong dan semangat untuk perdamaian agar tetap terjalin hidup rukun dan damai diantara masyarakat di Kabupaten Sigi, khususnya di Kecamatan Kulawi,” tutupnya. AJI

Baca Juga