Kakanwil Kemenkumham Sulteng Akhiri Safari Ramadan 1445 H di LPP Palu

SIGI, MERCUSUAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1445 Hijriah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Palu, Selasa, (9/4/2024).

Dihadiri oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Kota Palu, momen puncak kegiatan Safari Ramadan ini diawali dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada para warga binaan perempuan (WBP) berupa paket sembako hingga alat ibadah.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng juga berkesempatan untuk berdialog dengan para WBP dan mendengarkan keluh kesah mereka selama menjalani ibadah puasa di dalam LPP Palu.

Hermansyah Siregar menyampaikan, kegiatan Safari Ramadan ini merupakan agenda rutin tahunan Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam rangka menjalin silaturahmi dan meningkatkan keimanan di bulan suci Ramadan.

Ia menerangkan, dipilihnya LPP Palu sebagai puncak Safari Ramadan merupakan bentuk penghargaan atas peran besar dari seluruh perempuan dalam kokohnya dari sebuah keluarga.

“Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan para WBP di bulan Ramadan ini. Kami juga ingin memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam menjalani hidup dan kembali ke jalan yang lebih baik setelah bebas nanti,” ujar Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut, Hermansyah juga mengatakan, LPP Palu telah banyak melakukan pembinaan terhadap para WBP, seperti program pembinaan kepribadian, program pembinaan kemandirian, dan program pembinaan keagamaan.

“Baru-baru ini kita telah menyelesaikan pembangunan ruangan pembinaan disini, dari Gereja, Ruang Keterampilan hingga Klinik kesehatan. Kami berharap para WBP dapat memanfaatkan program-program pembinaan ini dengan sebaik-baiknya agar mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah bebas nanti,” ujarnya.

Kegiatan Safari Ramadan ini juga diisi dengan tausiyah agama oleh Ustaz Abdjan Jauhari, yang merupakan penyuluh agama oleh Kementerian Agama Kabupaten Sigi.

Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan tentang pentingnya menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta pentingnya saling memaafkan di bulan Ramadan.

Pos terkait